Dark/Light Mode

Jadwal Pemilu Sudah Ditetapkan

Berkarya Getol Gelar Bimtek IT

Rabu, 26 Januari 2022 06:50 WIB
Sekretaris Jenderal Partai Berkarya, Badaruddin Andi Picunang. (Foto: CNN Indonesia)
Sekretaris Jenderal Partai Berkarya, Badaruddin Andi Picunang. (Foto: CNN Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gelaran Pemilu 2024 sudah disepakati pada Rabu, 14 Februari 2024. Partai Berkarya pun gerak cepat menyusun strategi, agar lolos menjadi peserta pesta demokrasi ini.

“Persiapan harus dimulai jauh hari. Partai Berkarya melaksanakan Bimtek IT (Bimbingan Teknis Tenaga Informasi dan Teknologi), untuk mengantisipasinya,” ujar Sekretaris Jenderal Partai Berkarya, Badaruddin Andi Picunang kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Pelaksanaan Bimtek IT itu digelar di kantor DPP Partai Berkarya, Jakarta, pada 24-25 Januari 2022 secara luring dan daring, diikuti TIM IT perwakilan DPW Provinsi dan DPD Kabupàten/Kota se-Indonesia.

Baca juga : Jakarta Gempa, Di Lantai 30 Berasa Naik Ayunan

Agar lebih matang dan maksimal, partai pimpinan Ketua Umum Muchdi Purwoprandjono itu mengundang narasumber dari Divisi Teknis dan Pusdatin Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Bimtek IT ini untuk mempersiapkan data dan informasi parpol jelang verifikasi calon parpol peserta Pemilu 2024,” sebutnya.

Mantan aktivitas Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini menceritakan, Berkarya sedang menghitung mundur gelaran Pemilu 2024. Dari simulasi yang disampaikan KPU, tahapan verifikasi berarti dimulai sekitar April 2022. Karenanya, persiapan dilakukan sejak dini.

“Pemilu yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024 akan melakukan tahapan Pemilu 20 bulan sebelum hari H. Tahapan pertama adalah input data parpol ke SIPOL KPU 120 hari sebelum pendaftaran resmi parpol ke KPU,” terangnya.

Baca juga : Prabowo Sudah Divaksin Booster, Pakai Vaksin Nusantara, Yang Nyuntik Terawan

Pria yang akrab disapa Badar ini menegaskan, Berkarya mematok target tinggi di Pemilu 2024. Yaitu, lolos menjadi peserta dan tembus Parliamentary Threshold (PT) 4 persen. “Lebih dari itu, Partai Berkarya menargetkan 30 kursi di DPR. Kita tahu diri juga, masih baru dan perlu kerja keras untuk pencapaian,” ucapnya.

Ketua Panitia Bimtek, Oirida Seskania Syam menjelaskan, Bimtek kali ini mengambil tema Sukses Verifikasi 2022 dan Sukses Pemilu 2024. Para peserta yang merupakan se­luruh Tim IT Partai Berkarya menyambut antusias acara ini. “Mereka memegang laptop masing-masing, langsung praktek proses pembuatan dan transfer data KTA atau KTP dan data parpol lainnya,” ujarnya.

Oirida menjelaskan, kegiatan ini sebagai langkah awal pelatihan Tim IT untuk persiapan penginputan KTA atau KTP, struktur pengurus dan info kantor dalam bentuk PDF dan Excel yang disimpan dalam website Partai Berkarya sebelum ditransfer ke SIPOL KPU.

Baca juga : Pemerintah Sudah Siapkan Faskes Serta Obat-obatan

“Ini akan rutin dilakukan dan tim DPP akan turun langsung ke daerah untuk melakukan BIMTEK, sekaligus evaluasi persiapan verifikasi jelang pendaftaran parpol peserta Pemilu pertengahan tahun ini,” ungkapnya.

Acara ini dihadiri elit Partai Berkarya. Di antaranya, Ketua Harian Sony Pujisasono, Sekjen Badaruddin Andi Picunang dan jajarannya. Pada penutupan yang digelar kemarin, dihadiri langsung Ketua Umum Muchdi Purwopranjono. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.