Dark/Light Mode

Ogah Ngurusin Pilpres 2024

PAN Konsisten Fokus Bantu Pemerintah Aja

Senin, 14 Februari 2022 06:24 WIB
Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi. (Foto : Istimewa)
Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Amanat Nasional (PAN) tak mau latah ikut-ikutan sibuk mengurusi Pilpres 2024. Lebih baik membantu Pemerintah menuntaskan beragam program kerakyatan.

“Sebagai partai koalisi Pemerintah, PAN tetap fokus membantu,” ujar Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Politisi asal Lamongan, Jawa Timur ini merincikan, PAN fokus membantu Pemerintah dalam percepatan pemulihan perekonomian nasional melalui sejumlah kebijakan Pemerintah. Termasuk, upaya mengendalikan pandemi Covid-19.

Baca juga : Basarah Apresiasi Konsistensi NU Laksanakan Trilogi Ukhuwah

“Itu fokus PAN,” tegasnya.

Diungkapkan, PAN sudah jauh-jauh hari membaca Pilpres 2024. Bahkan, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PAN 2021 telah menetapkan dan memberikan kewenangan penuh terhadap Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas untuk urusan pencapresan.

“Di Rakernas itu, memberikan kewenangan kepada Ketum untuk mengambil langkahlangkah strategis demi kebaikan masyarakat dan negara,” katanya.

Baca juga : Bamsoet Puji 20 Tahun FOCI Tetap Solid Dan Bantu Pemerintah Tingkatkan Pariwisata

Soal capres yang akan diusung pada Pemilu 2024, Yoga tak bosan mengulang pernyataannya, seluruh kader partai mendorong dan menghendaki Zulhas maju di Pilpres 2024.

Namun, PAN menyadari kendala aturan main presidential threshold (Preshold) sebesar 20 persen. Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini menjelaskan, dengan aturan main Preshold 20 persen itu, memaksa PAN berkoalisi dengan partai lainnya.

“PAN tidak dapat mengusung sendiri. Sesuai Pasal 222 Undang-Undang Pemilu, harus diusung partai politik yang memenuhi 20 persen Preshold. Tentunya akan ditetapkan dengan koalisi partai secara kolektif,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.