Dark/Light Mode

Hadiri Peluncuran Buku ``Momentum``

Anies Bicara Karier Dan Rekam Jejak

Rabu, 23 Februari 2022 06:16 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Istimewa)

 Sebelumnya 
Sedangkan Hendri Satrio mengatakan, faktor utama yang mempengaruhi karier seseorang adalah momentum. Maka momentum itu harus dicari. Bila sudah didapat, momentum tersebut harus digunakan secara maksimal.

Founder Lembaga Survei KedaiKOPI ini turut membeberkan tiga cara mendapatkan sebuah momentum.

Pertama, adalah kepemimpinan transformasional. Kemudian memiliki modal sosial. Terakhir, pengalaman bisnis maupun organisasi.

Baca juga : KSP: Pengaturan Pengeras Suara Masjid Wujudkan Toleransi Dan Harmoni Sosial

Sedangkan Koordinator Nasional Forum Solidaritas Kemanusiaan (FSK) Sudirman Said, memberikan perhatiannya pada modal sosial yang dijabarkan Hendri Satrio.

Dia mengamini, modal sosial bagi seorang pemimpin merupakan hal krusial. Sudirman mengatakan, modal sosial harus dipupuk dengan integritas, karya, dan reputasi.

Modal sosial, tambahnya, tak bisa diperoleh secara instan dan tidak dapat pula dibeli. Seorang pemimpin di manapun berada, harus bisa mengakumulasi modal sosial mereka.

Baca juga : Hadiri Cap Go Meh, Menteri Erick Bicara Keberhasilan Pemerintah Atasi Covid

Direktur Lembaga Survei KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo, turut memberikan pandangannya terhadap buku “MOMENTUM : Karier Politik & Aktivitas Media Sosial”.

Dia mengaku terkesan dengan cara Hendri menjawab persoalan, bagaimana cara seseorang mendapatkan yang menjadi momentum bagi dirinya.

Serta apa yang harus dilakukan bila seseorang telah mendapatkan momentumnya. Bagi politisi Tubagus Deddy Miing Gumelar atau kerap dikenal sebagai Miing, momentum memang harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Baca juga : Bakal Dipakai Booster Dan Dihibahkan Ke Benua Afrika

Namun momentum hanya dapat dimanfaatkan dengan kecerdasan dan sensitifitas penerimanya.

“Kecerdasan (di sini) tidak hanya berupa kecerdasan ilmiah, namun juga kecerdasan nurani”. Dia juga berharap buku ini dapat menjadi sebuah kekayaan intelektual bagi bangsa Indonesia. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.