Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Vaksin Merah Putih Meluncur Agustus

Bakal Dipakai Booster Dan Dihibahkan Ke Benua Afrika

Jumat, 11 Februari 2022 07:52 WIB
Petugas kesehatan berada di ruang vaksinasi saat dimulainya Uji Klinis Vaksin Merah Putih di RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (9/2/2022). (Foto: Antara/Didik Suhartono)
Petugas kesehatan berada di ruang vaksinasi saat dimulainya Uji Klinis Vaksin Merah Putih di RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (9/2/2022). (Foto: Antara/Didik Suhartono)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mendukung pengembangan dan percepatan Vaksin Merah Putih agar segera dimanfaatkan masyarakat. Vaksin buatan dalam negeri itu bakal digunakan untuk booster. Bahkan, dihibahkan ke negara di Benua Afrika.

Ketua Tim Peneliti Vaksin Merah Putih Fedik Abdul Rantam mengatakan, 63 relawan telah disuntik Vaksin Merah Putih yang dikembangkan Universitas Airlangga dan PT Biotis Pharmaceuticals, sebagai tahapan uji klinis tahap I, kemarin. Sedangkan, hari ini dipastikan sudah cukup sampai 90 orang.

Baca juga : Jadi Penyalur KUR, Bank DKI Sepakati Kerja Sama Dengan Kemenkop UKM

Fedik merinci, total ada 90 relawan yang akan diberikan Vaksin Merah Putih di fase uji klinis tahap I di RSUD dr Soetomo Surabaya. Bila teruji khasiatnya, Dia mengatakan tim akan melanjutkan uji klinis fase 2 pada bulan depan. Nantinya, terdapat 400-500 relawan yang akan disuntik vaksin tersebut di uji klinis fase 2 tersebut.

“Insya Allah, April itu akan menginjak ke fase 3. Jika semua hasil vaksinasi ini aman. Itu syarat yang harus kita lalui. Mohon doanya, sehingga vaksin buatan teman-teman Indonesia, ini asli buatan kami sendiri, jadi lebih baik lagi,” kata Fedik, kemarin.

Baca juga : Anak Di Bawah Usia 2 Tahun Tak Dianjurkan Pakai Masker, Lho Kenapa?

Dia bersyukur Vaksin Merah Putih telah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dia pun berharap, vaksin ini bisa memenuhi aspek keamanan, khasiat dan kehalalannya ke depan.

“Semoga Agustus ini bisa memanfaatkan Vaksin Merah Putih ini sebagai vaksin primer maupun booster,” harapnya lagi.

Baca juga : Patung Kobe Bryant Dan Putrinya Dipasang Di Lokasi Kecelakaan

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan, Vaksin Merah Putih sebagai wujud kemajuan dan kemandirian bangsa dalam penanganan virus Corona.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.