Dark/Light Mode

Rajut Hubungan Baik Dengan Ulama, Puan Sowan Ke NU Jatim

Rabu, 2 Maret 2022 08:38 WIB
Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan, Puan Maharani tiba di kantor PWNU Jawa Timur di Jalan Masjid Agung Tim, Gayungan, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (1/3) malam. (Foto: UMM/Rakyat Merdeka)
Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan, Puan Maharani tiba di kantor PWNU Jawa Timur di Jalan Masjid Agung Tim, Gayungan, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (1/3) malam. (Foto: UMM/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDIP terus menjalin tali silaturahmi dengan para ulama yang ada di Indonesia. 

Hal itu dilakukan Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan, Puan Maharani dengan sowan ke kantor PWNU Jawa Timur, di Jalan Masjid Agung Tim, Gayungan, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (1/3) malam. 

Dalam pertemuan tersebut, Puan mengatakan, sulit membangun Indonesia tanpa sinergi dan gotong royong dengan seluruh lapisan masyarakat, termasuk dengan NU. Hal ini selaras dengan esensi Pancasila yang mengajarkan semangat gotong royong. 

Baca juga : FIFGroup Catat Laba Bersih Naik 65,7 Persen Selama Pandemi

"Tadi saya dapat wejangan dari Gus Ali. Beliau berpesan kepada saya bahwa inti dari silaturahim adalah gotong royong. Untuk itu, saya ingin terus menjalin dan membangun kedekatan NU dengan PDI Perjuangan, untuk membangun bangsa dan negara Indonesia," kata Puan di Teras Kantor PWNU Jatim, Selasa (1/3) malam. 

Jauh sebelum itu, kakek Puan yang juga Proklamator Kemerdekaan Indonesia, Soekarno rajin bersilaturahmi dengan para kiai di masanya. Sehingga dia mengaku bertanggung jawab untuk meneruskannya. "Saya sebagai cucu Bung Karno ingin terus melanjutkan kedekatan hubungan NU dengan PDI Perjuangan," ujar Ketua DPR itu. 

Kata dia, Bung Karno sangat dekat dengan kalangan kiai NU. Bahkan, dekat dengan ulama besar yang juga pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari. Kedekatan dengan organisasi Islam terbesar ini, lantas dilanjutkan oleh ibunda Puan, Megawati Soekarnoputri dengan menjadi wakil presiden KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Baca juga : Kabar Duka, Ulama Besar Sukabumi KH Ahmad Makki Wafat

“Ibu Mega bersama dengan Gus Dur dan sekarang saya yang melanjutkan," ucap eks Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu. 

Lebih lanjut, di hati Puan, Jatim terasa sangat spesial. Karena berperan melahirkan tokoh bangsa yang paling disegani di Tanah Air, Soekarno contohnya. "Bung Karno lahir dan besar di Jawa Timur, serta dimakamkan di Jawa Timur pula. Sehingga ada semacam kedekatan psikologi bagi saya," ungkapnya. 

Diketahui, selain ke Kantor PWNU Jawa Timur, Puan Maharani juga akan bertemu dengan berbagai macam lapisan masyarakat, di antaranya pelaku usaha UMKM, pedagang, dan segmen masyarakat lainnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.