Dark/Light Mode

Puan Turun Langsung Ke Kawasan Rawan Banjir Lamongan

Warga: Baru Kali Ini, Ketua DPR Tinjau Langsung Banjir Di Sini

Rabu, 2 Maret 2022 16:48 WIB
Ketua DPR Puan Maharani (tengah) dalam kunjungan kerjanya ke Lamongan, Jawa Timur, Rabu (2/3). (Foto: Khoirul Umam)
Ketua DPR Puan Maharani (tengah) dalam kunjungan kerjanya ke Lamongan, Jawa Timur, Rabu (2/3). (Foto: Khoirul Umam)

RM.id  Rakyat Merdeka - Persoalan banjir yang melanda wilayah Soko, Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur mendapat perhatian serius dari Ketua DPR Puan Maharani.

Politisi PDI Perjuangan ini bahkan turun langsung ke kawasan rawan banjir tersebut, Rabu (2/3). Kedatangan Puan disambut antusias warga setempat. Mereka curhat langsung kepada Puan.

"Baru kali ini, ada Ketua DPR meninjau langsung banjir disini," kata salah seorang perwakilan warga, saat Puan menggelar dialog langsung dengan masyarakat setempat.

Puan yang datang didampingi sejumlah anggota DPR dan pengurus PDIP ini menyatakan siap mengawal penuh aspirasi dan curhatan warga setempat. 

Baca juga : Warga Muara Angke Mau Mandi Aja Nunggu Hujan

Saat Puan datang pun, genangan banjir akibat luapan Bengawan Jero itu masih belum surut. Apalagi, banjir itu tidak saja dirasakan warga Desa Soko Kecamatan Glagah. Namun, juga berdampak pada beberapa kawasan sekitar.

"Memang ini bukan suatu hal yang mudah. Menyelesaikan ini saya setuju, mulai dari hilir ke hulu, hulu ke hilir. Tidak bisa sendirian. Memang perlu gotong royong," kata Puan merespon keluhan masyarakat.

Gotong royong yang dimaksud Puan adalah perhatian dari seluruh pihak. Baik dari Pemerintah Kabupaten Lamongan maupun Pemprov Jatim. Bahkan, bila perlu pemerintah pusat turut andil.

"Karena bukan satu sungai saja yang harus dinormalisasi," terangnya.

Baca juga : Cuitan Fadli Zon Dianggap Berkah

Sekalipun bukan pekerjaan mudah, Puan mengajak semua pihak tidak lantas berpangku tangan. Semua harus bantu cari solusi. Agar bisa menjadi keberhasilan bersama.

Dalam kesempatan itu, Puan Maharani secara simbolis juga memimpin pengurugan tanah.

"Jangan pernah kita mengatakan ini tidak bisa. Makanya, PDIP juga datang. Kita cari solusinya sama-sama," jelas Puan yang juga Ketua DPP PDIP.

Selain itu, Puan juga meminta Said Abdullah yang merupakan Ketua Badan Anggaran DPR untuk menjelaskan perihal anggaran pemerintah.

Baca juga : Menteri PUPR Kebut Pembangunan Bendungan Di Jawa Timur

Said bilang, pemerintah pusat memang perlu hadir untuk mengentaskan masalah ini.

"Tanggung jawab yang diberikan Mbak Puan kepada kami, akan kami laksanakan. Insya allah kami akan minta Bapak Bupati segera buat proposal, kirim kepada Badan Anggaran," ungkap politisi asal Sumenep itu.

Sementara itu, Ketua DPRD Jatim Kusnadi juga menegaskan siap mengawal arahan Puan, dalam upaya mengatasi masalah banjir tersebut. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.