Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pede Lolos Ambang Batas Parlemen Di Pemilu 2024, Partai Gelora Bidik 35 Kursi DPR

Sabtu, 30 April 2022 22:17 WIB
Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta (kedua kiri), Sekjend Partai Gelora Mahfuz Sidiq (kanan), Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah (kiri) dan Bendahara Umum Partai Gelora Achmad Rilyadi saat buka puasa bersama dan bincang santai dengan wartawan di Gelora Media Center, DPN Partai Gelora, di Jakarta, Sabtu (30/4).
Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta (kedua kiri), Sekjend Partai Gelora Mahfuz Sidiq (kanan), Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah (kiri) dan Bendahara Umum Partai Gelora Achmad Rilyadi saat buka puasa bersama dan bincang santai dengan wartawan di Gelora Media Center, DPN Partai Gelora, di Jakarta, Sabtu (30/4).

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora Indonesia) terus berupaya memenuhi persyaratan sebagai partai peserta pemilu pada tahun 2024.

Segala sesuatunya dilakukan secara cepat dan lengkap, termasuk dalam hal penyusunan pengurus hingga tingkat desa.

“Sejak awal berdiri, Partai Gelora fokus pembentukan struktur partai dan rekrutmen kader. Pembentukan struktur partai sudah relatif selesai semuanya sudah ada di 34 Provinsi, 514 kabupaten dan kota, serta ada di 94 persen dari total 7235 kecamatan di seluruh Indonesia,” beber Ketua Umum Partai Gelora, Muhammad Anis Matta usai acara 'Buka Puasa Bersama dan Bincang Santai dengan Wartawan' di Gelora Media Centre, DPN Partai Gelora, Jalan Patra Kuningan VI/2, Jakarta, Sabtu (30/4).

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Gelora, Mahfuz Sidiq, Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah dan Bendahara Umum Partai Gelora Achmad Rilyadi.

Baca juga : Targetkan PDIP Menang Hattrick Di Pemilu 2024, Puan Minta Kader Banteng Tetap Solid

Saat ini, lanjut Anis, Partai Gelora sudah memiliki 660 ribu lebih kader yang tersebar di seluruh Indonesia. Dia juga menyebutkan, seluruh pengurus dan kader dalam empat bulan terakhir ini fokus menyiapkan seluruh persyaratan verifikasi partai perserta pemilu.

“Kalau ikuti jadwal bulan Juni ini seluruh administrasi akan selesai pada pekan ketiga bulan Mei,” tegasnya.

Adapun target-target yang ingin dicapai Partai Gelora pada Pemilu 2024 adalah bisa menjadi partai pemenang, minimal bisa lolos Parliamentary Treshold.

“Kalau masalah pemenangan kami ingin lewat threshold empat persen yang setara setara 32 kursi DPR RI,” ujarnya.

Baca juga : Partai Perindo Ngebet Kirim Kader Ke DPR RI

Namun target itu bisa saja lebih, mengingat akan adanya pemekaran Provinsi Papua.

”Mungkin menjadi lima provinsi dari dua yang sekarang ada. Tentu itu juga akan berdampak pada penambahan kursi juga. Tapi kalau untuk mencapai threshold kami yakin dan mampu,” tutur Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Lalu bagimana cara Partai Gelora menarik suara mayarakat yang kecewa kepada partai-partai yang ada saat ini?

Anis Matta yang juga Pendiri Partai Keadilan (PK) yang sekarang jadi PKS ini menjelaskan, dalam masa krisis ini partai lama memiliki masalah mereka tidak bisa membawa solusi atas kondisi sekarang.

Baca juga : Perindo Optimistis Rebut 10 Kursi DPRD DKI

“Bahkan parlemen kita dinilai mati dan benar-benar hanya jadi alat stempel, malah ada regulasi tanpa lewat perdebatan. Maka ada kelemahan dalam produk legislasinya,” kritiknya.

Hal itu, kata Anis disebabkan oleh besarnya koalisi Pemerintah yang justru mematikan DPR. Padahal dalam sistem presidensial walau koalisi besar sebenarnya DPR tidak harus mati.

“Nah ini satu alasan Partai Gelora menilai akan ada migrasi dalam pilihan politik nanti. Akan ada migrasi besar-besaran dalam pilihan politik masyarakat walau sampai sekarang belum menentukan,” tutupnya. [FAZ]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.