Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Soal Ucapan Selamat Ke Pemenang

Prabowo Tirulah Sandi

Selasa, 2 Juli 2019 07:01 WIB
Cawapres Sandiaga Uno. (Foto: IG@sandiuno).
Cawapres Sandiaga Uno. (Foto: IG@sandiuno).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sandiaga Uno akhirnya mengucap kan selamat kepada Jokowi-Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih, kemarin. Sementara, Prabowo Subianto masih belum mengucapkan selamat.

Alangkah indahnya jika mantan Danjen Kopassus itu mau meniru langkah Sandi. Ucapan selamat Sandi itu disampaikan lewat video yang diunggah di akun instagramnya, @sandiuno, Minggu (30/6) malam.

Dia mengawali ucapan selamat itu dengan mengingatkan, Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyatakan paslon 01 sebagai pemenang Pilpres. Dengan demikian, Jokowi-Ma’ruf akan memimpin 5 tahun mendatang.

Baca juga : Sandi Ngelesnya Norak

KPU juga sudah melakukan penetapan itu. “Untuk itu, saya mengucapkan selamat bekerja, selamat menjalankan amanat rakyat, selamat berjuang untuk terus mencapai cita-cita keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujar Sandi.

Sandi menilai, wajar jika ada kekecewaan dari pihaknya lantaran di nyatakan kalah dalam Pilpres 2019. Namun demikian, dia menggarisbawahi bahwa menang kalah adalah kepastian dalam pemilu dan itu adalah bagian dari usaha untuk membangun bangsa. Sandi meminta semua pihak bersatu pasca Pilpres 2019.

“Perbedaan pilihan politik tidak harus membuat kita bermusuhan. Kekecewaan terhadap diri kita oleh sebab apapun tidak harus membuat kita ber henti berjuang untuk kepentingan bangsa dan negara,” imbaunya.

Baca juga : Turis dan Masyarakat China Senangi Buah Indonesia

Mantan Wagub DKI Jakarta ini memastikan akan terus menjalin silaturahim dan komunikasi erat dengan berbagai pihak untuk mencari solusi ber sama atas berbagai persoalan kebangsaan dan kenegaraan.

 Kemarin sore, Sandi kembali mengucapkan selamat kepada Joko wi-Ma’ruf. Tetapi sebelum mengucapkannya, dia lebih dulu meluruskan pernyataannya yang menyebut ucapan selamat merupakan sikap kebarat-baratan. Dia menyebut, itu bukan budaya.

Tetapi mengacu pada sikap para kontestan pemilu di negara barat yang sering mengucapkan selamat kepada pemenang bukan saat penetapan, melainkan saat pengumuman.

Baca juga : Sahabat Baik Jokowi Sungguh Tak Tahu Diri

Putra Mien Uno ini kemudian menyinggung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang tak memberikan selamat kepada Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Pilpres 2004 dan 2009.

“Kita enggak pernah melihat itu dilakukan oleh Ibu Presiden Megawati waktu 2004, tidak melihat itu disampaikan oleh Bu Megawati ke Pak SBY di 2009,” sindir Sandi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.