Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Executive Briefing

Ketua KPK Ingatkan Parpol Hindari Korupsi Saat Pemilu

Rabu, 18 Mei 2022 17:36 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri bersama  Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dan Pimpinan Partai Politik, menandatangani fakta Integritas pada acara Executive Briefing Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu, di Gedung Juang KPK, Merah Putih, Jakarta, Rabu, (18/5). (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Ketua KPK Firli Bahuri bersama Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dan Pimpinan Partai Politik, menandatangani fakta Integritas pada acara Executive Briefing Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu, di Gedung Juang KPK, Merah Putih, Jakarta, Rabu, (18/5). (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar kegiatan Executive Briefing dalam rangkaian program Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu.

Kegiatan yang diikuti oleh para Ketua dan Pengurus Partai Politik ini berlangsung, di Aula Gedung Merah Putih KPK pada Rabu (18/5).

Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh Pimpinan KPK Firli Bahuri, Nurul Ghufron, Lili Pintauli Siregar, Alexander Marwata, dan Nawawi Pomolango.

Baca juga : Sandiaga Ingatkan Pentingnya Kolaborasi & Pembangunan SDM

Kemudian, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari, serta Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tumpak Haposan Simanjuntak.

Dalam sambutannya, Firli Bahuri mengatakan, partai politik punya peranan penting dalam menentukan masa depan Indonesia yang bebas dari korupsi. Melalui partai politik, lahir para pemimpin bangsa.

"Melalui Pemilu, parpol melahirkan wakil rakyat serta para pemimpin daerah dan nasional. Kader parpol yang terpilih juga berperan menyusun regulasi untuk kesejahteraan bangsa. Untuk itu peran parpol sangat penting bagi bangsa Indonesia," ingat Firli.

Baca juga : Maju Terus, KPK Pastikan Bawa Kasus Korupsi Heli AW-101 Ke Pengadilan

Dia menjelaskan, kader parpol juga memiliki kerentanan melakukan tindak pidana korupsi. Berdasarkan data hingga April 2022, KPK telah menangani 310 perkara yang melibatkan anggota DPR dan DPRD, 22 perkara yang melibatkan Gubernur, serta 148 perkara yang Wali Kota/Bupati dan Wakil. Angka tersebut menyumbang 35 persen dari keseluruhan jumlah perkara.

"Berdasarkan data penanganan perkara, salah satu pelaku korupsi berasal kader Parpol. Inilah yang mengilhami kami untuk menyelenggarakan kegiatan program Politik Cerdas Berintegritas," beber purnawirawan jenderal polisi bintang tiga ini.

Dia menerangkan, PCB sebagai salah satu program pencegahan korupsi KPK, diharapkan bisa meningkatkan kesadaran dan pengetahuan antikorupsi partai politik. Serta, meningkatkan integritas Parpol dan seluruh pengurusnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.