Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ujian Pra-Promosi Doktor Unhan

Hasto Paparkan Geopolitik Soekarno Atasi Perang Rusia-Ukraina

Kamis, 19 Mei 2022 11:40 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Istimewa)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengikuti ujian pra-promosi tertutup di Universitas Pertahanan (Unhan), Rabu (18/5). Dalam ujian itu, Hasto mengetengahkan disertasi yang berjudul "Diskursus Pemikiran Geopolitik Soekarno dan Relevansinya terhadap Pertahanan".

Mahasiswa doktoral Unhan ini menyampaikan temuan penelitiannya terkait tradisi intelektual Soekarno, teori pemikiran geopolitik Soekarno yang disebutnya sebagai geopolitical co-existence.

Baca juga : Ini Usul Bos KADIN Antisipasi Krisis Global Akibat Perang Rusia-Ukraina

Teori ini dikaji relevansi geopolitiknya terhadap pertahanan melalui model structural equation model (SEM), yang menampilkan korelasi pertahanan dengan tujuh variabel geopolitik Soekarno yaitu demografi, teritorial, sumber daya alam, militer, politik, koeksistensi damai, sains dan teknologi, serta kepentingan nasional sebagai variabel intervening.

Temuan penelitian tersebut sekaligus meletakkan secara kritis posisi teori geopolitik Soekarno terhadap teori geopolitik klasik dan teori geopolitik kontemporer. “Pemikiran geopolitik Soekarno terhadap pertahanan bertujuan bagi tata dunia baru yang bebas dari penjajahan," kata Hasto, dalam keterangannya, Kamis (19/5).

Baca juga : Irigasi Jadi Faktor Utama Petani Bali Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Menurutnya, teori geopolitik Soekarno ini bisa menjadi pandangan khas Indonesia dan alternatif solusi terhadap berbagai persoalan geopolitik saat ini. "Baik ketegangan di Laut China Selatan, Timur Tengah, maupun sebagai pisau analisis terhadap perang Rusia-Ukraina," lanjutnya.

Ia menilai, pengaruh pemikiran Soekarno terhadap dunia sangat besar. Terutama atas pelaksanaan Konferensi Asia Afrika dan Gerakan Non-Blok yang telah ikut merubah sistem internasional. "Pemikiran geopolitik Soekarno sangat relevan di dalam membangun kekuatan pertahanan negara dan kepemimpinan Indonesia bagi dunia," tutur Hasto.

Baca juga : Abramovic Fokus Damaikan Perang Rusia-Ukraina

Promotor disertasi Hasto ini antara lain Prof Purnomo Yusgiantoro, Co-Promotor I, Laksdya TNI Prof Amarulla Octavian yang juga Rektor Unhan dan Co-Promotor 2 Letjen TNI (Purn) I Wayan Midhio.

Sementara, penguji eksternal antara lain Guru Besar Universitas Indonesia Prof Evi Fitriani, Rektor Universitas Negeri Jakarta Prof Komarudin, Prof Pantja Djati dari Universitas Trisakti, Mayjen TNI Dr. Joni Widjayanto, Prof Banyu Perwita, Prof Irdam Ahmad, dan Dr. Herlina Saragih. Selanjutnya Hasto Kristiyanto akan mengikuti ujian promosi terbuka pada 6 Juni 2022 mendatang.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.