Dark/Light Mode

Bakal Dibuka Megawati, The Bataks Band & KD Meriahkan Festival Kopi Di GBK

Jumat, 27 Mei 2022 09:15 WIB
Penyanyi 3 Diva Krisdayanti (tengah) bersama The Bataks Band di Festival Kopi Tanah Air Senayan Jakarta, Minggu (29/5)
Penyanyi 3 Diva Krisdayanti (tengah) bersama The Bataks Band di Festival Kopi Tanah Air Senayan Jakarta, Minggu (29/5)

RM.id  Rakyat Merdeka - DPP PDI Perjuangan (PDIP) menggelar “Festival Kopi Tanah Air” di Parkir Timur Selatan Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Jumat (27/5). Festival kopi yang akan dihadiri ribuan peserta ini bakal memecahkan rekor MURI.

Perhetalan besar Festival Kopi Tanah Air yang digelar selama tiga hari mulai 27 sampai 29 Mei 2022 ini menghadirkan sejumlah musisi muda Tanah Air, seperti Artis Batak Milenial Komunitas Jatibening, yakni The Bataks Band yang akan tampil bersama  dengan srikandi 3 Diva,  Krisdayanti (KD). Selain itu, tampil juga Pee Wee Gaskins, Momonon, Rizky Febian, Hivi, Pusplus Band, Yan Vellia,Dj Gaby Desirre hingga Marcell Siahaan di Festival Kopi Tanah Air .

Dalam keterangannya, Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan, Festival Kopi ini merupakan bukti bahwa partanya  tidak melulu berbicara soal kekuasaan.

Baca juga : Opick dan Pasha Ungu Meriahkan Festival Tabuh Beduk

"Kami berharap Festival ini akan membangkitkan Kopi Tanah Air, membangkitkan petani Indonesia, membangkit semangat rakyat Indonesia, sehingga akhirnya Kopi Tanah Air menjadi Kebangkitan Nasional Indonesia," kata Hasto..

Rencananya,  kata Hasto, Festival Kopi ini akan dibuka langsung oleh Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Terkait kopi, Hasto menyampaikan cerita dari mantan pengawal pribadi Bung Karno, Mangil Wartowidjojo menulis buku bertajuk “Kesaksian tentang Bung Karno, 1945-1967”.

Baca juga : KBRI Bandar Seri Begawan Bagikan Bantuan Sembako Ke PMI Di Brunei

Ketika sarapan, Bung Karno tak lupa untuk minum kopi. "Pak Mangli menjelaskan bahwa kopi Bung Karno harus sesuai takaran yang diinginkan yaitu satu sendok kopi dan satu setengah sendok gula," kata Hasto sambil tersenyum.

HUT PDIP Ke 49

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Kopi Tanah Air, Ono Surono menambahkan, acara tersebut merupakan rangkaian penutup HUT KE-49 PDI Perjuangan. 

Baca juga : JIS Bakal Jadi Tempat Salat Idul Fitri Dan Festival Takbiran

Festival Kopi Kebangkitan Nasionalisme Indonesia itu, terdapat beberapa rangkaian kegiatan, antara lain pameran, eksebisi, uji cita rasa, dan sulang kopi secara hybrid serta pentas seni yang akan hadir yaitu Topeng Betawi, Tari Topeng Cirebon, Tari Piring Minang sampai Tari Jenger Bali.

"Di mana uji cita rasa kopi itu oleh panitia disiapkan on the spot dan secara hybrid dengan target minimal 2.500 orang. Dan, itu mudah-mudahan mendapatkan penganugerahan dari rekor MURI," harapnya.

Eksebisi kopi ini akan menghadirkan pegiat kopi dari Aceh sampai Papua. Lima kementerian juga akan terlibat, yakni Kementerian BUMN, Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi dan UKM, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tak hanya itu, hadir juga komunitas dan produsen kopi.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.