Dewan Pers

Dark/Light Mode

Gerindra-PKB Koalisi, Jargonnya Mirip Punya Demokrat

Minggu, 19 Juni 2022 12:23 WIB
Pertemuan antara Gerindra dan PKB, di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu malam (18/6). (Foto: Dok. PKB)
Pertemuan antara Gerindra dan PKB, di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu malam (18/6). (Foto: Dok. PKB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Gerindra dan PKB sudah mencapai kata sepakat untuk melakukan koalisi dengan nama Kebangkitan Indonesia Raya dalam menghadapi Pilpres, Pileg, dan Pilkada Serentak 2024. Koalisi ini pun mengusung jargon perpaduan antara nasionalis dan religius yang merupakan kombinasi dari kekuatan dua partai tersebut. Namun, jargonnya mirip dengan yang dipakai Partai Demokrat selama ini.

"Nasionalis-Religius, Religius Nasionalis," ujar Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat melakukan jumpa pers usai menggelar pertemuan tertutup dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu malam (18/6).

Pernyataan Prabowo tersebut langsung ditimpali Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin. "Demi kebangkitan Indonesia Raya," ucapnya.

Berita Terkait : Pengamat: Saling Isi, Ganjar-Erick Pasangan Ideal

Pertemuan tersebut juga diikuti sejumlah elite kedua partai. Dari Gerindra hadir Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua Harian Sufmi Dasco Ahmad. Dari PKB hadir Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu Jazilul Fawaid, Sekjen Hasanuddin Wahid, Ketua Komisi X DPR Fraksi PKB Syaiful Huda, Anggota Komisi I DPR Taufiq Abdullah, dan Ketua DPP Lukmanul Hakim.

Prabowo mengatakan, komunikasi antara Gerindra dan PKB sudah berlangsung cukup intensif dalam beberapa bulan belakangan. "Alhamdulillah kita sudah mencapai titik-titik pertemuan, titik-titik kerjasama, titik-titik kesepakatan. Kita secara garis besar menyatakan keinginan kita masing-masing untuk bersama-sama, bekerja sama dengan erat untuk menghadapi tanggung jawab kenegaraan tersebut, yaitu Pilpres, Pileg, dan Pilkada tahun 2024," ujar Prabowo.

Menteri Pertahanan itu mengatakan, Imin merupakan sahabat lama. "Kita sebenarnya sudah melakukan diskusi intensif selama beberapa bulan ini. Namun, malam hari ini saya mendapat kehormatan menerima beliau, Ketua Umum PKB di Kertanegara Nomor IV ini dan kita melanjutkan pembicaraan-pembicaraan yang intensif," tuturnya.

Berita Terkait : Gaet Perajin Lokal, Sismi Sukses Bangun Usaha Home Decor

Menurut Prabowo, kerja sama Gerindra dan PKB dalam Pemilu 2024 dimaksudkan untuk kepentingan bangsa, mewujudkan Indonesia yang lebih maju, adil, dan sejahtera. "Tentunya kita semua sadar bahwa bangsa kita, negara kita akan menghadapi proses politik menjelang tahun 2024, pemilihan presiden, pemilihan legislatif, dan di ujungnya pemilihan kepala daerah. Ini suatu tugas kenegaraan yang sangat serius, sangat penting, dan kami sebagai ketua umum partai yang punya konstituen dan pengikut yang cukup besar, tentunya kami sadar akan tanggung jawab tersebut," katanya.

Imin menambahkan, PKB dan Gerindra siap bekerja sama secara utuh dan menyeluruh dalam menghadapi dan menyiapkan Pilpres, Pileg, dan Pilkada 2024. "Moga-moga kerja sama kita ini bisa terus dilanjutkan bersama partai-partai lain untuk menuju suksesnya Pilpres, suksesnya Pilkada, dan suksesnya Pileg di 2024. Kita PKB dan Gerindra, visi dan tujuan perjuangan yang sama untuk NKRI yang lebih maju, adil, dan sejahtera," katanya.

Cicit salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syansuri ini mengatakan, sebetulnya pertemuan tersebut merupakan kelanjutan dari silaturahmi dan pertemuan-pertemuan yang secara intensif dilakukan jajaran pengurus DPP PKB maupun DPP Gerindra. "Alhamdulillah malam ini semakin menguat kerja sama itu," ungkap Wakil Ketua DPR ini.■