Dark/Light Mode

Kalau Demokrat Ikut Gabung

Koalisi Semut Merah Gigit Koalisi Si Gajah

Senin, 20 Juni 2022 08:00 WIB
Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra. (Foto: Antara)
Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Soal komunikasi politik, Partai Demokrat membangunnya dengan berlandaskan prinsip egalitarian atau kesetaraan. Artinya, keputusan politik yang terbangun ke depan, berangkat dari prinsip tanpa saling mendominasi satu sama lain.

Kemudian, membangun kepercayaan dan soliditas, serta menjunjung tinggi kedaulatan partai masing-masing.

Baca juga : Koalisi Semut Merah Mimpi Jadi Naga Merah

Menanggapi itu, Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Sirajuddin Abbas menganalisa, koalisi Demokrat, PKB dan PKS tidak bisa dianggap remeh di Pilpres 202. Mesin politik ketiganya stabil, dan memiliki kader yang militan.

“PKB dan PKS memiliki basis yang bisa diandalkan. Di antara partai-partai Islam, mereka memiliki dukungan paling besar,” ujar Sirajuddin.

Baca juga : PKB Klaim Demokrat Merapat Ke Koalisi Semut Merah

Menurutnya, Demokrat tengah melakukan konsolidasi besar-besaran dengan komposisi skuad yang terbukti loyalitasnya terhadap kepemimpinan AHY.

Meski begitu, Sirajuddin menekankan, besar atau kecilnya peluang koalisi tiga parpol ini di Pilpres 2024 tergantung kepada sosok yang diusung komposisi capres dan cawapresnya. Figur tokoh, akan cukup menentukan,selain solidnya pergerakan mesin partai.

Baca juga : Ini Kata Demokrat, Soal Rencana Gabung Koalisi Bareng PKB Dan PKS

“Untuk Pilpres, pengaruh calon lebih kuat ketimbang dukungan partai. Meski suara partai pengusungnya besar, tidak berarti bisa langsung dikonversi­kan menjadi pendukung capres,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.