Dewan Pers

Dark/Light Mode

Wasekjen Berkarya Bersihkan Masjid Usai Potong Kurban

Minggu, 10 Juli 2022 21:55 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Berkarya Ali Bin Abi Thalib membersihkan Masjid Jami Al Jabbar, yang berada di Jalan Al Hidayah, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta, Minggu (10/7). (Foto: Istimewa)
Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Berkarya Ali Bin Abi Thalib membersihkan Masjid Jami Al Jabbar, yang berada di Jalan Al Hidayah, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta, Minggu (10/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Berkarya Ali Bin Abi Thalib turun bersama remaja masjid untuk membersihkan Masjid Jami Al Jabbar, yang berada di Jalan Al Hidayah, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta, Minggu (10/7) di tengah suka cita umat Islam merayakan Idul Adha.

"Ya, saya bersama pemuda setempat membersihkan Rumah Allah ini. Kerja bakti sosial," ujar Ali, kepada RM.id di Jakarta, Minggu (10/7).

Pria yang akrab disapa Bang Al ini mengatakan aksi ini merupakan rutinitas biasa warga sekitar saat perayaan Idul Adha. Semua agenda kegiatan masjid dilakukan secara kerja sosial. Dari pengumpulan hewan kurban, perawatan, pemotongan, pembagian, hingga pembersihan.

Berita Terkait : Ganja Dikeluarkan Dari Narkotika Golongan 1?

Nah, di saat pembersihan inilah menjadi keunikan tersendiri warga sekitar Masjid Jami Al Jabbar. Termasuk Bang Al, yang menjadi salah satu warga sekitar. Sekalipun memiliki jabatan politik sebagai Wasekjen Partai Berkarya, tidak membuat canggung berbaur dengan para pemuda lain. Diceritakan, Bang Al juga ikut membersihkan mimbar, menyapu dan mengepel lantai.

Seperti diketahui, acara pemotongan kurban ini tentu membuat tempat ibadah berbau daging sapi dan kambing karena menjadi arena pemotongan daging kurban. Nah, begitu daging sudah terdistribusi dengan baik, dan ditutup makan bersama para panita, kemudian para pemuda termasuk Bang Al mengangkat alat kebersihan untuk membersihkan Rumah Allah.

Semuanya disikat, dibersihkan, hingga kinclong dan harum. Agar, para jamaah dapat kembali merasa nyaman beribadah setelah tempat ini digunakan untuk perayaan Idul Adha.

Berita Terkait : Kemendagri Pastikan RUU Pemekaran Papua Berikan Ruang Afirmasi OAP

Pengolektor pusaka antik ini berharap, Idul Adha kali ini menambah nilai pengorbanan bagi seluruh Muslim terutama di Indonesia. Pengorbanan itu ditandai dengan mengurbankan kambing hingga sapi, pun bagi mereka yang berjuang meraih Haji di Tanah Suci.

Salah satu Remaja Masjid Al Jabbar, Hakim memuji sosok Bang Al cukup aktif di kegiatan Masjid. Berbagai acara terkait masjid, jika sempat selalu dihadiri politisi Partai Berkarya itu. Terkadang, bantuan ala kadarnya selalu disampaikan Bang Al, terkhusus untuk para remaja masjid.

"Seperti acara Idul Adha ini, Bang Al itu yang ngasih kita seragam warga orange. Langsung di pakai tim inti kurban," ujar Hakim.

Berita Terkait : Sahabat Ganjar Bermanuver Sosialisasikan GP Di Kabupaten Kuningan

Hakim menceritakan, Bang Al sudah berkomunikasi dengan warga sekitar untuk maju menjadi Caleg DPRD Provinsi DKI Jakarta. Niat baik tersebut, disambut baik oleh dirinya dan warga sekitar. Artinya, ada warga sekitar yang peduli dengan Masjid, mau menjadi wakil rakyat.

"Kita, warga di sini, tentu mendukung Bang Al. Ibaranya, Bang AL sudah Assalamualaikum lah, ke warga di tempat dia tinggalnya. Insya Allah terpilih," katanya. ■