Dark/Light Mode

Blue Print Sudah Ada, Komposisi Parpol-Profesional di Kabinet Baru Fifty-fifty

Jumat, 12 Juli 2019 14:30 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Twitter Jokowi)
Presiden Jokowi (Foto: Twitter Jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi sudah memiliki gambaran mengenai nama-nama dan komposisi kabinet yang akan membantunya periode mendatang. Ia memastikan, kabinet itu berasal dari latar belakang partai politik (parpol) dan profesional.

“Ya kira-kira 60:40 atau 50:50. Kira-kira itu,” kata Jokowi menjawab wartawan usai menghadiri Pembukaan Karta Kreatif Indonesia (KKI) 2019, di Exhibition Hall A Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Pusat, Jumat pagi (12/7).

Baca juga : JK Berharap Komposisi Kabinet Baru Seimbang

Mengenai nama-nama dan kriteria untuk kabinet mendatang, Jokowi mengaku sudah ada. Demikian pula blue print-nya juga sudah ada.

Kapan (diumumkan)? “Secepatnya,” jawab Jokowi.

Baca juga : Jokowi Bebaskan Parpol Koalisi Minta Jatah Menteri

Jokowi juga memastikan, bahwa menteri yang sekarang menjabat ada banyak yang akan dipertahankan. Bagaimana dengan menteri yang terseret kasus hukum? “Ya nanti dilihat, semua mesti kita pertimbangkan,” tegasnya.

Sementara, mengenai menteri dari kalangan muda, Presiden Jokowi meminta wartawan untuk melihatnya nanti. Namun, Jokowi meminta dari partai juga ada yang muda, ada yang dari profesional.

Baca juga : Kuasa Hukum Partai Garuda Diminta Hakim Tidak Ngeyel

“Kalau engga ada dari partai, ya kita cari sendiri profesional,” kata Presiden seraya menambahkan, sekarang banyak banget profesional muda. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.