Dark/Light Mode

Pengamat: Anies-Puan Saling Melengkapi, Tapi Ada Catatannya…

Senin, 11 Juli 2022 20:27 WIB
Ketua DPR Puan Maharani (kedua kiri), foto bareng dengan Gubernur DKI Anies Baswedan (kedua kanan) di sela acara Formula E Ancol, 4 Juni 2022. Diapit Presiden Jokowi (kiri) dan Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: Instagram)
Ketua DPR Puan Maharani (kedua kiri), foto bareng dengan Gubernur DKI Anies Baswedan (kedua kanan) di sela acara Formula E Ancol, 4 Juni 2022. Diapit Presiden Jokowi (kiri) dan Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Politik Burhanudin Muhtadi angkat bicara soal Anies Baswedan dan Puan Maharani, yang belakangan ini ramai dijagokan untuk maju ke Pilpres 2024

Burhan menjelaskan, dari sisi kualitatif, Anies dan Puan sebetulnya dapat saling melengkapi. Hal tersebut setidaknya didukung oleh tiga alasan.

Pertama, dari sisi kekuatan partai yang dimiliki Puan. Putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan cucu Proklamator Bung Karno itu memiliki partai besar seperti PDIP, yang bisa mengajukan calon sendiri. Tanpa harus berkoalisi dengan partai lain.

Baca juga : Pertamina EP Subang Field Lepas 7 Owa Jawa Ke Habitat

Kondisi ini klop dengan Anies. Cucu pahlawan nasional Abdurrachman Baswedan itu, merupakan figur non partai.

“Kedua, dari sisi latar belakang. Mbak Puan berasal dari figur politisi, Ketua DPR, dan pernah menjadi Menko. Sementara Mas Anies, latar belakangnya akademisi dan kepala daerah. Ketiga, dua-duanya sama-sama cucu pahlawan nasional. Jadi, ada banyak kombinasi unik antar keduanya,” jelas Burhan melalui kanal YouTube Indikator Politik Indonesia, Senin (12/7).

Meski begitu, Burhan mengaku tak dapat memastikan tingkat kecocokan antara Anies dan Puan, karena belum ada data yang menunjang.

Baca juga : DPR Dukung Pembelian Pertalite Pakai Aplikasi, Ini Alasannya

“Jadi sekali lagi, dari sisi kualitatif, Anies-Puan bisa saling melengkapi. Tapi, dari sisi elektoral, saya tidak tahu persis. Apakah keduanya bisa diterima oleh segmen pendukung masing-masing? Tapi memang, belakangan ini, beberapa elit ramai menyuarakan nama Mbak Puan dan Mas Anies," tandas Burhan.

Mencuatnya nama Anies dan Puan sebagai calon pasangan duet di Pilpres 2024, antara lain dipicu oleh kemesraan yang ditampilkan keduanya di ajang Formula E, yang dihelat di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, 4 Juni silam.

Diapit Presiden Jokowi dan Ketua MPR Bambang Soesatyo, Puan mengambil foto dirinya bersama Anies. Foto itu kemudian di-upload di akun Instagram pribadinya. 

Baca juga : Pras Ingatkan Anies Bekerja Maksimal Disisa Jabatan

"Sore tadi, saya memenuhi undangan Pak Anies Baswedan menonton balap Formula E di Ancol. Hiburan dan pengalaman baru ini benar-benar beda, karena suara mobil balap listrik ini tidak terlalu bising seperti mobil balap lainnya," demikian cuplikan caption Puan, dalam postingan tersebut. 

Anies pun kontan mengomentari. "Mbak Puan, terima kasih banyak telah menyempatkan hadir. Semoga terhibur dan menikmati pagelaran balapannya. Mohon maaf, bila ada yang belum sempurna," tulisnya. ***

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.