Dark/Light Mode

Muktamar Digelar Agustus

Cak Imin Calon Kuat Pimpin PKB Lagi

Sabtu, 13 Juli 2019 07:03 WIB
Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. (Foto: Istimewa).
Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Usai pemilu 2019, beberapa partai politik kembali menggelar agenda politik. Salah satunya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang akan menggelar Muktamar untuk memilih ketua umum.

Salah satu kandidat yang sudah mendapatkan dukungan untuk menjadi calon ketua umum adalah Muhaimin Iskandar. “Muktamar PKB adalah DPC-DPC atau cabang, 1 cabang 1 suara, 1 DPW satu suara.

Sekitar 560 cabang ditambah dengan 34 jadi sekitar 600 suara yang diperebutkan. One man one vote. Kalau hanya Muhaimin Iskandar calonnya, maka akan dinyatakan aklamasi,” kata Ketua DPP PKB Lukman Edy di kawasan Jakarta Selatan, kemarin.

Baca juga : Dua Lembaga Cari Pimpinan

Muktamar rencananya diselenggarakan 20 Agustus mendatang. Walaupun masih ada waktu satu bulan lagi, tapi untuk urusan dukungan memang saat ini Muhaimin terlihat memegang kendali. Sehingga pemilihan calon tunggal bisa tidak terelakkan.

“Kader kan banyak, apakah kader yang banyak ini mencalonkan sebagai ketum, itu kita tak tahu,” katanya.

Agenda Muktamar ke-21 itu juga dijelaskan Lukman sebagai salah satu membentuk rancangan visi partai kedepan. Dari pembentukan visi juga diharapkan juga selaras dengan visi Indonesia yang PKB saat ini merupakan mitra pemerintah Presiden Jokowi dan Ma’ruf Amin.

Baca juga : Calon DPD Tak Dilirik Pemilih

“Muktamar akan menyusun visi baru PKB 5 tahun yang akan datang. Internal ini, supaya di kontestasi Pemilu 2024 PKB itu menjadi pemenang pemilu dan bisa menyumbangkan kadernya menjadi pemimpin bangsa,” tutur Lukman.

Sebelumnya dukungan kepada Wakil Ketua MPR itu untuk menjabat satu periode Ketua Umum PKB lagi berasal dari para DPW PKB.

Kala itu, Muhaimin yang membawa rombongan perwakilan dari seluruh Indonesia ke Istana Negara disebutkan oleh DPW sukses membawa partai di Pileg 2019.

Baca juga : Gamelan Tampil Di Perpustakaan Kantor PBB Jenewa

“Kami melihat itu sepakat, teman-teman DPW ini untuk menjaga kesolidan ini untuk kesuksesan (di Pemilu) 2024 dengan kembali meminta kesediaan Muhaimin untuk menjadi ketua umum (aklamasi),” kata Ketua DPW PKB Jawa Tengah Yusuf Hudori. [MHS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.