Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Punya Figur Potensial

KIB Tutup Pintu Pencapresan Anies

Selasa, 19 Juli 2022 07:40 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Facebook)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menegaskan, menutup pintu semua tokoh di luar kelompoknya, untuk diusung menjadi Presiden. Poros ini tetap akan memprioritaskan kadernya menjadi Capres-Cawapres 2024 untuk melanjutkan program dan legacy kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Tidak ada celah untuk Capres KIB dari luar partai koalisi,” tegas Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Dave Laksono singkat kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Punya Potensi Besar, Investasi Di Goto Bukan Untuk Cari Cuan

Ace Hasan Syadzily, kolega Dave di Golkar dan DPR lebih kalem. Dia menegaskan, ketiga partai politik yang tergabung dalam KIB, yakni Partai Golkar, PAN dan PPP berkomitmen kuat untuk memperkuat demokrasi kita agar lebih berkualitas.

“Sebagai pilar demokrasi, tentu kami ingin memperkuat kader-kader partai politik agar dapat menduduki posisi yang strategis dalam konteks kenegaraan,” tutur Ace kepada Rakyat Merdeka saat dikontak, kemarin.

Baca juga : Peringati Hari Internasional Al-Quds, Iran serukan Pembebasan Palestina

KIB punya kader-kader yang berpengalaman dan kompeten dalam posisi pemerintahan. Partai Golkar telah menetapkan Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto sebagai capres 2024.

Menurutnya, sosok Menteri Koordinator Perekonomian itu punya pengalaman yang panjang dalam pemerintahan. Demikian dengan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, danKetua Umum PPP, Suharso Monoarfa yang kini menjadi Menteri Bappenas.

Baca juga : Bupati Bogor Diciduk KPK, PPP Tunggu Penjelasan Resmi

“Partai politik dalam tubuh KIB tidak kesulitan, karena punya figur-figur yang mumpuni,” tandasnya.

Pengamat Politik Universitas Esa Unggul, Jamiludin Ritonga menyatakan, meski suara akar rumput partai KIB, khususnya PAN dan PPP mendukung Anies, namun mustahil KIB mengusung Gubernur DKI Jakarta. “KIB memang kecil kemungkinan akan mengusung capres yang bukan kadernya,” kata Jamiluddin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.