Dark/Light Mode

Jelang Rapimnas Gerindra

Pendamping Prabowo Umumin Sekalian Dong

Senin, 25 Juli 2022 08:00 WIB
Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto memberikan orasi saat menghadiri perayaan 1 Abad Taman Siswa di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta, Minggu (24/7/22). (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto memberikan orasi saat menghadiri perayaan 1 Abad Taman Siswa di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta, Minggu (24/7/22). (Foto: Dwi Pambudo/RM)

 Sebelumnya 
Agung mengingatkan, peluang Prabowo kembali kalah untuk ketiga kalinya alias hattrick menjadi besar bila sejak awal kembali salah memilih cawapres. Sebagaimana Pilpres 2014 dan 2019 karena gagap membaca tren perilaku elit dan pemilih yang senantiasa berubah.

Di titik inilah, lanjutnya, Gerindra perlu mengupayakan beberapa jalan politik agar pencarian sosok cawapres ideal Prabowo segera ditentukan. Pertama, membuka komunikasi politik dengan partai-partai berbasis massa Islam selain PKB secara intensif. Seperti PKS dan PAN. Jika semakin banyak partai Islam digaet, akan memperbesar kemenangan karena jadi representasi beragam kelompok.

Baca juga : Duet Prabowo-Puan Ditolak Banteng Tua

Kedua, menggelar konvensi terbatas saat Rapimnas untuk menghasilkan cawapres rekomendasi dari NU dengan melibatkan struktur internal. Sebagaimana NasDem melakukannya saat menjaring capres.

Ketiga, momentum Rapimnas harus menjadi sarana bagi Gerindra dan Prabowo mengucapkan visi, misi, program, dan inovasi kebijakan atau platform Pilpres yang bisa menjawab tantangan zaman pasca pandemi dan resesi. “Agar Gerinda dan Prabowo serta cawapresnya, maju dengan solusi-solusi mutakhir bukan sebatas meramaikan pesta demokrasi,” sarannya.

Baca juga : Jejak Pembangunan Kapal MV Iriana Patut Ditiru Perusahaan Lain

Wakil Ketua Umum Gerindra, KH. Irfan Yusuf Hasyim menegaskan, sejauh ini, agenda Rapimnas hanya menanyakan kesediaan dan deklarasi Prabowo nyapres. “Setahu saya belum ada agenda lainnya (Cawapres),” kata Gus Irfan, sapaan akrabnya singkat, kemarin.

Ketua harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad juga mengatakan, agenda utama Rapimnas adalah menanyakan kesiapan Prabowo menjadi Capres dan mendeklarasikannya. “Rapimnas menerima aspirasi dari DPD, DPC seluruh Indonesia untuk meminta kepada Pak Prabowo bersedia maju sebagai capres dari Partai Gerindra,” ujar Dasco usai melantik pengurus DPC partai Gerindra di Sulawesi Utara, di Manado, di Sulawesi Utara, Kamis (21/7).

Baca juga : Cegah Pemanasan Global, Pertamina Sukseskan Transisi Energi

Selain deklarasi Capres, Rapimnas juga mengumumkan partai yang akan menjalin koalisi dengan Partai Gerindra. Soal cawapres, Dasco juga tak mau berkomentar banyak. “Saya tidak bisa bilang karena takut melanggar aturan partai. Setelah Rapimnas, kami selenggarakan lagi satu forum mengumumkan cawapres,” tandas Dasco. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.