Dark/Light Mode

Survei SPP: Elektabilitas Prabowo Jauh Lebih Unggul Dibanding Ganjar, RK, Hingga Puan

Senin, 25 Juli 2022 22:46 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Resistensi dari para pesaing politik ini akan menjadi modalitas politik yang sangat berharga bagi Prabowo. Dalam konteks itu, Prabowo akan menjadi capres paling potensial pilihan parpol-parpol.

"Tantangannya kini adalah tinggal bagaimana Gerindra cerdik dalam melakukan komunikasi politik untuk menjaring dukungan dari parpol lain agar memenuhi kuota 20 persen dan bahkan lebih," bebernya. 

Baca juga : Survei ARSC: Simulasi 3 Paslon, Airlangga-Ganjar Menang Pilpres

Jika skenario politik ini berhasil dimainkan oleh Gerindra dengan baik, jalan Prabowo menuju kursi kekuasaan pada 2024 mendatang berada di atas angin.

Selain mengukur elektabilitas Capres 2024, SPP juga mencari tahu kekuatan parpol-parpol dari sisi pilihan publik. Setelah melakukan survei selama 10 hari, SPP menemukan bahwa terdapat efek bola salju yang diterima oleh Gerindra.

Baca juga : Survei LANSKAP: Prabowo Subianto Lebih Mentereng Di Jateng Dan Jatim

Efek bola salju adalah suatu situasi di mana semakin tinggi elektabilitas capres yang diusung, semakin banyak publisitas yang akan didapatkan oleh partainya, dan dengan begitu semakin tinggi pula pilihan publik atas partai tersebut.

Efek ini terlihat saat mengukur tingkat keterpilihan parpol. Hasilnya Gerindra tetap menempati posisi kedua dengan terus membayangi PDIP.

Baca juga : Gibran: Saya Tak Mikir Survei

Survei SPP dilaksanakan pada 7 hingga 16 Juli 2024 di seluruh provinsi di Indonesia, yang dilakukan dengan menggunakan metode pencuplikan responden secara rambang berjenjang (multi-stage random sampling).

Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara tatap muka dengan responden. Total sampel sebanyak 1200 responden dengan margin of error sebesar 2,8 persen dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) 95 persen. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.