Dark/Light Mode

Debat Panas Marcell-Anji

Partai Garuda: Transparansi Royalti Musik Bisa Terwujud Dengan Teknologi

Sabtu, 13 Agustus 2022 06:27 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi. (Foto: Ist)
Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Anji menjelaskan, baginya aliran dana royalti itu tidak transparan dan terdapat beberapa penyimpangan. Hal itu kemudian menyebabkan sejumlah pihak malas membayar royalti.

"Saya jawab: Tidak detail dan transparan penghitungannya. Bahkan ada uang 'parkir' dari Komposer yang tidak mengambil royaltinya (karena tidak tahu atau tidak mendaftar) sementara LMK tidak membuat pemberitaan tentang itu. Jadi sangat mungkin terjadi penyimpangan aliran uang," tulisnya.

Baca juga : Demokrat Ingin Selalu Dekat Dengan Rakyat

Marcell yang merupakan ketua umum Prisindo, LMK yang khusus bergerak dalam pengelolaan serta pendistribusian Hak-hak Pelaku Pertunjukan (Performing Rights), lantas memberikan respons terkait unggahan Anji.

Dia menjelaskan, orang-orang yang menggunakan karya orang lain hanya perlu membayar royalti tanpa perlu mengetahui secara detail bagaimana dana tersebut disalurkan.

Baca juga : Dubes China Di Jakarta Buka Suara Soal Kunjungan Pelosi Ke Taiwan

Situasi kian panas ketika Marcell menyinggung bahwa curahan hati Anji hanya akan menjadi konten untuk kepentingan pribadi Anji sendiri. "Iya, keresahan lo ini akan menjadi konten lo yang yang sangat menguntungkan, selamat ya!" tulis Marcell.

Tak terima dituding begitu, Anji pun langsung membalas. "Maksudnya konten apa ni Cell? Kok tendensius sekali kalimatnya?! Dengan postingan ini memangnya gue dapat keuntungan apa? Lo kan pejabat publik, kenapa gak terima masukan seperti ini?" balas Anji. Marcell, tak merespons lagi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.