Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Suharso Dicopot Dari Ketum

Partai Ka’bah Pecah, KIB Goyah

Selasa, 6 September 2022 07:22 WIB
Suharso Monoarfa. (Foto: Ist)
Suharso Monoarfa. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibentuk Golkar-PAN-PPP, diprediksi akan goyah setelah PPP yang berlogo Ka'bah, pecah.

Pecahnya "Partai Ka'bah" dipicu oleh pemecatan Suharso Monoarfa dari kursi ketua umum. Pemecatan Suharso diputuskan oleh tiga Pimpinan Majelis DPP PPP: Majelis Syariah, Majelis Kehormatan, dan Majelis Pertimbangan, kemarin. Sebagai pengganti Suharso, ketiga Majelis itu, sepakat mengangkat Muhammad Mardiono sebagai Plt Ketua Umum.

Wakil Sekretaris Majelis Pertimbangan PPP, Usman M Tokan mengatakan, alasan Majelis Pertimbangan mencopot Suharso karena banyaknya sorotan kepada PPP, khusunya pribadi sang Ketua Umum. Sorotan itu datang dari masyarakat yang merupakan pemilih dan simpatisan PPP.

"Pada 30 Agustus 2022, dengan berat hati, ketiga Pimpinan Majelis yang merupakan Majelis Tinggi DPP, melayangkan surat ketiga, untuk memberhentikan saudara Suharso Monoarfa dari jabatan Ketua Umum DPP PPP, terhitung sejak surat tersebut ditandatangani," papar Usman. 

Baca juga : Breakingnews: Suharso Monoarfa Resmi Dicopot Dari Ketua Umum DPP PPP

Selanjutnya, sesuai AD/ART, ketiga Pimpinan Majelis DPP PPP meminta pendapat hukum Mahkamah Partai. Mereka juga meminta Pengurus Harian (PH) DPP PPP, agar segera melaksanakan rapat pemilihan dan menetapkan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum, untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut.

"Kemudian, pada 2-3 September bertempat di Bogor, Mahkamah Partai melakukan rapat dan mengeluarkan pendapat Mahkamah Partai. Bahwa, usulan ketiga pimpinan majelis untuk memberhentikan saudara Suharso Monoarfa dari jabatan Ketua Umum DPP PPP masa bakti 2020-2025, telah disetujui," sambung Usman.

Dia meminta, seluruh pengurus, kader, dan simpatisan PPP di seluruh Indonesia, mengikuti arahan pimpinan majelis. Sebab, pandangan, nasehat dan fatwa dari Ketua Majelis Syari’ah PPP, KH Mustofa Aqil Siraj harus diikuti oleh seluruh pengurus, kader dan simpatisan PPP seluruh Indonesia.

Suharso tak hadir dalam Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PPP yang memberhentikan dirinya dari kursi Ketua Umum. Kepala Bappenas itu tengah melakukan kunjungan ke Prancis.

Baca juga : Tuntutan Suharso Mundur Ketum PPP Semakin Kencang

Apa kata Mardiono soal penunjukan dirinya jadi Ketum PPP? Menurut dia, penunjukan dirinya menggantikan Suharso murni keinginan kader Ka'bah. Dia juga menegaskan, tidak ada campur tangan Pemerintah, apalagi Presiden Jokowi.

Menanggapi putusan Majelis partai, pengurus PPP terbelah. Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani mengatakan, pemberhentian Suharso sudah legal karena sesuai dengan AD/ART. Suharso telah mengetahui dan menyepakati usulan pemberhentian dirinya.

Sementara, Ketua DPP PPP, Syaifullah Tamliha menyebut, Mukernas di Banten itu, ilegal. Menurut dia, undangan Mukernas tidak diteken Suharso Monoarfa dan Arwani Thomafi selaku Sekjen. Dia juga membantah Suharso mengundurkan diri.

Elite KIB juga ikutan komentar soal pencopotan Suharso. PAN berharap masalah yang terjadi di internal PPP tak pengaruhi KIB. Golkar, PAN dan PPP akan terus berkonsolidasi menyongsong persiapan Pemilu serentak 2024.

Baca juga : Menghukum Sambo Jadi Lebih Gampang

"PAN berharap, dinamika internal di PPP segera selesai," ujar Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, saat dikontak, tadi malam.

Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono mengatakan, Golkar menunggu kejelasan sikap PPP mengenai kelanjutan dari KIB. "Kita nantikan kejelasan sikap dari mereka," sahut Dave kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Bagaimana penilaian pengamat soal konflik PPP? Pengamat Politik dari Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam menilai pergantian Ketum PPP akan melemahkan soliditas akar PPP. Pelengseran Suharso juga akan berdampak serius pada soliditas KIB. Akan muncul putusan politis yang mengubah peta koalisi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.