Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Capres KIB, Zul Sebut Empat Nama

Minggu, 20 November 2022 07:15 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (Foto: Ist)
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Golkar-PAN-PPP bakal mulai membahas capres-cawapres dua bulan mendatang. Soal siapa yang masuk radar, Ketum PAN Zulkili Hasan mengaku punya 4 nama yang borpotensi dicalonkan KIB.

Dua pekan lalu, KIB baru saja bertemu di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Ketiga ketum parpol, yakni Airlangga Hartarto (Golkar), Zulkifli Hasan (PAN) dan Mardiono (PPP) hadir. Sayangnya, pertemuan itu masih belum membahas soal capres-cawapres yang akan diusung KIB untuk Pilpres 2024. Alasannya, selain masih fokus pada persiapan KTT G20, KIB mengaku masih menunggu 2 parpol yang disebut bakal segera bergabung.

Jadi kapan bahas capres? Zulhas-sapaan Zulkifli, memberikan jawaban. Kata dia, KIB baru akan membahas capres pada pertemuan lanjutan yang digelar 2 bulan ke depan.

Baca juga : Hore, QRIS Bisa Dipake Di Empat Negara ASEAN

"Kami kalau KIB merumuskan dulu apa yang dikerjakan. Mudah-mudahan dua bulan depan berbicara soal capres," ujar Zulhas usai menghadiri acara Muktamar ke-48 Muhammadiyah, di Kota Solo, Jawa Tengah, kemarin.

Soal siapa yang masuk radar, Wakil Ketua MPR itu terang-terangan kepincut dengan 4 nama yang saat ini elektabilitasnya lagi moncer di survei capres. Mereka adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Kebetulan beberapa nama yang disebutkan Zulhas itu juga hadir di pembukaan Muktamar Muhammadiyah. Bahkan, Zulhas dan Ganjar malah sempat selfie bersama. Keduanya kompak menggunakan masker. Ganjar pakai masker merah putih dan Zulhas masker putih

Baca juga : Capres Musra Mau Diapakan?

Apa tanggapan Golkar? Politisi Golkar, Dave Laksono tak mempersoalkan kalau Zulhas tak menyebut nama Airlangga dalam bursa capres yang dijagokannnya. Menurutnya, apa yang disampaikan Zulhas itu hanya pendapat pribadi yang tidak mewakiliki KIB.

“Itu kan pendapat beliau. Yang pasti capres yang akan diusung KIB adalah kesepakatan bersama para ketua umum,” kata Dave kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Bagi Golkar, lanjut dia, sampai saat ini masih tetap berkomitmen mengusung Airlangga Hartarto sebagai capres. Hal tersebut merupakan amanat Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar 2019.

Baca juga : Belum Umumkan Capres, KIB Tunggu Waktu Yang Pas

Dukungan tersebut juga diperkuat saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Golkar pada 2021, yang keukeuh akan mencalonkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian tersebut. “Kami tetap solid dan komitmen mencalonkan Pak Airlangga Hartarto,” tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.