Dark/Light Mode

Posisi Menteri, PDIP Nyetok Lebih Dari 10 Kandidat

Jumat, 9 Agustus 2019 16:54 WIB
Politikus PDIP yang juga Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, berswa foto bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan Politikus PDIP yang juga menjabat Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. (Foto: Istimewa)
Politikus PDIP yang juga Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, berswa foto bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan Politikus PDIP yang juga menjabat Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDIP mengaku sudah menyiapkan nama-nama kader yang akan diplot sebagai menteri di Kabinet Kerja Jilid II nanti.

Politikus PDIP Puan Maharani mengungkap, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah mengantongi lebih dari 10 nama calon menteri.  Menurutnya, sebagai ketua umum PDIP, Mega memang punya hak prerogratif untuk memilih siapa yang layak dijadikan menteri. Hanya saja, Puan tak mau merinci siapa nama-nama tersebut.

Ketika didesak, siapa saja nama tersebut Puan malah balik bertanya.  "Menurut kalian, siapa yang pantas? Bingung kan? Ya nanti saja dilihat," kata Puan, di arena Kongres V PDIP, Hotel Grand Inna Beach, Denpasar, Bali, Jumat (9/8). 

Baca juga : Jokowi Nyenengin Mega

"Nantilah (dibukanya). Oktober kan masih lama," imbuhnya. 

Jumlah calon menteri yang lebih dari 10 itu disebutnya sebagai persiapan. PDIP sebagai partai pemenang pemilu, diyakini mendapat jatah menteri yang banyak. Apalagi dalam pembukaan Kongres V PDIP kemarin, Presiden  Jokowi sudah memastikan bahwa PDIP akan mendapat kursi menteri yang paling banyak.

"Wajar, karena memang suaranya lebih banyak  dan partai pemenang pemilu," ungkapnya.

Baca juga : Pagi Ini, Gempa Getarkan Kediri dan Nganjuk

Dia mengakui, porsi kursi terbanyak buat PDIP itu bisa saja bikin iri partai lain. Namun,  dia mengingatkan soal hasil pemilu kemarin. Hasil pemilu adalah pegangan bagi PDIP. Parpol yang mendapat suara terbanyak, artinya mendapat kepercayaan dari rakyat.

Artinya, dipercaya rakyat untuk menyelenggarakan pemerintahan dalam mensejahterakan rakyat.  "Ini bukan soal bagi-bagi jatah. Ini soal kepercayaan rakyat," ujarnya. 

Bagaimana Mega memilih nama-nama yang dipercaya untuk menjadi menteri? Politikus PDIP Masinton Pasaribu mengatakan, pastinya ada banyak masukan yang disampaikan kepada Mega. Kemudian, Mega juga mempertimbangkan rekam jejak masing-masing kader. "Dari situ kan kelihatan, mana yang layak dan mana yang tidak," ujarnya.

Baca juga : Soal Menteri, Ahok Nyadar Sudah Tamat

Masinton menilai, ada beberapa pos kementerian yang dinilai layak ditempati oleh PDIP. Selain Kementerian Hukum dan HAM dan Kementerian Dalam Negeri, Masinton juga menganggap wakil PDIP antara.lain cocok ditempatkan di Kementerian Pertanian dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.