Dark/Light Mode

Pengamat: Chemistry Politik Mega-Erick Makin Kuat

Senin, 16 Januari 2023 13:19 WIB
Presiden ke-5 RI yang juga Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Menteri BUMN Erick Thohir dalam kunjungan ke KEK Sanur, Bali, Senin (16/1). (Foto: Istimewa)
Presiden ke-5 RI yang juga Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Menteri BUMN Erick Thohir dalam kunjungan ke KEK Sanur, Bali, Senin (16/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Putri sulung Bung Karno Megawati Soekarnoputri dan Erick Thohir kembali berjumpa. Usai pertemuan di Sarinah, kedua tokoh nasional itu kembali bertatap muka di Bali pada hari ini, Senin (16/1).

Tak beda dengan pertemuan di Sarinah, perjumpaan Erick Thohir dan Megawati di Bali, masih terkait upaya pelestarian warisan Bung Karno, lewat sejumlah landmark bersejarah di kawasan Sanur Bali.

 

 

Terkait hal ini, Pengamat Politik yang juga Direktur Eksekutif Voxpol Center Research Pangi Syarwi Chaniago menilai, perjumpaan kedua tokoh semakin membuktikan kuatnya chemistry antara mereka. 

Baca juga : Neymar Disaranin Pindah Ke Man City

Erick dinilai punya kedekatan ide dan pemikiran dengan Megawati.

"Ini kan bukan pertemuan pertama. Sebelumnya, juga pernah di momen-momen penting seperti peresmian Sarinah. Bagi Bu Mega, itu ada nostalgia. Ada peristiwa masa lalu yang beliau tidak bisa lupakan," kata Pangi, Senin (16/1).

"Pertemuan Pak Erick dan Bu Mega, tentu akan memunculkan banyak makna. Terutama, soal persamaan chemistry," imbuhnya.

jDari kaca mata politik, kata Pangi, sulit untuk tidak membaca pertemuan ini sebagai sinyal semakin mesranya Erick dengan PDIP.

Sebagai menteri andalan dari pemerintahan yang dipimpin oleh PDIP, Pangi menilai hal ini adalah hal yang wajar 

Baca juga : Tak Punya Beban Politik Masa Lalu, Erick Thohir Layak Jadi Cawapres

Terlebih, nama Erick kini mulai masuk dalam radar politik di 2024.

"Dengan pertemuan seperti ini, saya pikir akan sangat baik bagi langkah Pak Erick ke depan," tutur Pangi.

Apalagi, nama Erick pun banyak dikaitkan dengan kader unggulan PDIP pada Pilpres 2024. Baik dengan Puan Maharani, atau Ganjar.

Bagi Pangi, perjumpaan Erick dengan Megawati kali ini, menjadi salah satu bagian untuk menguatkan chemistry politik.

"Pada akhirnya, urusan Pilpres itu ditentukan oleh kerja politik. Bagaimana Pak Erick mengatasi masalah BUMN yang complicated. Di samping faktor kepuasan Pak Jokowi, Megawati, dan PDIP," papar Pangi.

Baca juga : Kinerja Baik, Elektabilitas Erick Semakin Naik

Dia berpendapat, Erick dan Megawati akan menjadi faktor penting di 2024.

"Ada persamaan antara Ibu Mega dan Erick untuk langkah-langkah awal menuju Pilpres 2024. Saya pikir, Ibu Mega adalah veto player. Queen maker yang akan menentukan Pilpres 2024," terang Pangi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.