Dark/Light Mode

TNI-Polri Diminta Kompak Jaga Pemilu

Kamis, 27 Desember 2018 13:15 WIB
Ketua DPP bidang Pertahanan dan Keamanan Partai Perindo, Susaningtyas Kertopati. (Foto : IG @susaningtyasnefohandayani).
Ketua DPP bidang Pertahanan dan Keamanan Partai Perindo, Susaningtyas Kertopati. (Foto : IG @susaningtyasnefohandayani).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sepanjang 2018, TNI-Polri begitu senergis sehingga keamanan nasional dan regional dapat terjaga dengan baik. Beberapa aksi massa besar pun berhasil dijaga dengan apik berkat kolaborasi kedua institusi itu.

Demikian disampaikan Ketua DPP bidang Pertahanan dan Keamanan Partai Perindo Susaningtyas Kertopati dalam refleksi akhir tahunan terkait perkembangan pertahanan keamanan Indonesia, di Jakarta, kemarin. Perempuan yang akrab disapa Nuning ini juga menyebut, bencana alam yang terjadi di beberapa daerah mampu ditangani dengan baik oleh TNI.

Baca juga : Tumpas Teroris Papua, TNI-Polri Banyak Ngeluh

“Secara internal, TNI mencapai level profesional yang dicanangkan Presiden Jokowi untuk menjaga kedaulatan NKRI dengan peningkatan organisasi di wilayah Timur Indonesia, seperti Koarmada lll, Koopsau lll, Pasmar lll dan Divisi 3 Kostrad,” ucap peraih doktor bidang intelijen ini.

Beberapa program modernisasi alat utama sistem senjaga (alutsista), tambah Nuning, juga tercapai tepat waktu. Seperti, kedatangan kapal selam baru dan skuadron tempur. “Secara regional, TNI sukses menggelar berbagai operasi bersama dengan militer negara tetangga,” ujarnya.

Baca juga : BI & Ekonom Kompak Pangkas Pertumbuhan Ekonomi 2019

Untuk 2019 mendatang, Nuning berharap, TNI menjaga konsentrasinya mengawal Pemilu dan Pilpres dengan aman, damai, dan netral. “Banyaknya purnawirawan TNI berafiliasi kepada parpol tertentu hendaknya tidak memengaruhi pejabat TNI yang masih aktif,” pesannya. Dia berharap, TNI, segera menyelesaikan isu separatisme di Papua dengan mekanisme peraturan internasional sebagaimana diatur PBB. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.