Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Soliditas Mesin Golkar Jadi Kunci Sokong Airlangga Di Pilpres 2024

Rabu, 25 Januari 2023 08:48 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto/Istimewa
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto/Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Golkar konsisten mengusung Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai capres pada Pilpres 2024.

"Tidak ada perubahan mengenai pencapresan, tetap Pak Airlangga. Masuknya para tokoh (Ridwan Kamil dan Pakde Karwo) diharapkan menaikkan elektabilitas partai," terang Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono.

Dave mengaku, seluruh jajaran pengurus dan kader partai siap melaksanakan instruksi Airlangga melakukan konsolidasi, meningkatkan kinerja, menjaga optimisme, soliditas dan kebersamaan, serta memastikan selalu turun untuk mendengar dan membantu masyarakat.

Baca juga : Kuasai Jabar, Muhidin Optimis Airlangga Menang Pilpres 2024

Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai, langkah itu merupakan keseriusan Golkar menghadapi Pemilu 2024. Utamanya dalam pertarungan memperebutkan kursi di DPR.

"Saya kira Golkar cukup serius menatap 2024, terutama pada level Pileg. Mereka cukup serius menjadi penantang, petarung yang sangat mungkin menambah sengitnya persaingan untuk meningkatkan kursi partai di DPR," tegas Adi di Jakarta, Selasa (24/1).

Menurut Adi, hal itu ditunjukkan dengan bergabungnya dua tokoh besar politik, yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Pakde Karwo) ke beringin.

Baca juga : Gelar Diskusi Publik, Gerakan BerkAH Pekanbaru Mantap Dukung Airlangga Capres 2024

Dongkrak Elektabilitas

Adi memprediksi, Golkar akan mampu memperbesar peluang untuk mendongkrak elektabilitas partai dan perolehan suara di Jawa Barat dan Jawa Timur. Golkar juga mampu menjadikan pertarungan di dua wilayah tersebut semakin sengit.

"Apapun judulnya, Ridwan Kamil ini Gubernur Jawa Barat yang saat ini cukup populer, banyak idolanya, dan sangat mungkin bisa mengkapitalisasi posisinya meningkatkan suara Golkar Jabar. Begitu pun dengan Pakde Karwo, sebagai politisi senior sudah malang melintang," ujarnya.

Baca juga : Rakornis Golkar Sumbagut, Kader Dukung Penuh Airlangga Capres 2024

Adi menilai, perjalanan Golkar untuk memenangi Pemilu 2024 semakin dipermudah dengan kehadiran sosok kuat dalam perpolitikan Indonesia.

"Saya kira Golkar mendapat durian runtuh. Mendapatkan figur kunci dan penting di Jawa Barat dan di Jawa Timur," pungkasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.