Dark/Light Mode

Sekolah Partai PDI Perjuangan Siapkan Perempuan Jadi Pemimpin

Sabtu, 25 Februari 2023 11:27 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Artinya, hal ini sebagai bekal tidak hanya menyelesaikan masalah-masalah rakyat namun juga membawa masa depan bangsa menuju Indonesia Raya.

Pada kesempatan yang sana, Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kehormatan Komaruddin Watubun menjelaskan dalam setiap jenjang kaderisasi partai semua pembekalan dan pelatihan dituntun oleh ideologi partai yakni Pancasila 1 Juni 1945.

Menurut Komaruddin Watubun yang juga Kepala Sekolah Partai, dalam setiap kesempatan khususnya di dalam kadersisasi, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekernoputri selalu mendorong agar kaum perempuan khususnya kader partai selalu kuat.

Dalam catatan kancah perpolitikan nasional membuktikan, kepala daerah perempuan terbanyak berasal dari PDI Perjuangan.

Baca juga : Moeldoko Minta Evaluasi Penanganan Kekerasan di Papua

"Ini bukan cerita kosong. Presiden Pertama dari PDI Perjuangan, Ketua DPR RI perempuan pertama dari PDI Perjuangan. Apalagi ini partai memberikan kesempatan kader perempuan untuk jadi walikota, bupati hingga menteri," jelas anggota DPR RI dari dapil Papua tersebut.

Lebih lanjut, Komaruddin Watubun menambahkan, dari apa yang disampaikan dalam arahan Ketua Umum PDI Perjuangan selama hampir 3 jam kepada peserta PKPN ini terlihat senang serta terus memberikan inspirasi kepemimpinan perempuan agar kelak ada kader-kader perempuan yang mampu menggantikan posisinya dan para pimpinan partai saat ini.

Ia mencontohkan dalam beberapa tahun belakangan ini hampir semua negara-negara Eropa sudah dipimpin oleh perempuan. Barangkali memang kehendak Tuhan bahwa suatu saat semuanya dipimpin oleh perempuan.

Untuk itu, Ketua DPP PDI Perjuangan itu berpesan agar para kader perempuan PDI Perjuangan tidak sekadar berkiprah meraih kekuasaan namun juga mampu bermanfaat untuk kesejahteraan rakyat.

Baca juga : Wamendag Pede Masa Depan Perdagangan Makin Cerah Di IKN

"Kita berjuang bersama-bersama rakyat di partai sampai akhir hayat," tukasnya.

Pendidikan Kader Perempuan Tingkat Nasional 2023 ini dilaksanakan oleh Badiklat Pusat PDI Perjuangan. Merupakan agenda kedua dilaksanakan di masa pandemi Covid-19. Sebelumnya digelar di Sekolah Partai Lenteng Agung pada Juni 2022.

Selama empat hari, dari 14 narasumber kaderisasi akan lebih banyak diisi oleh tokoh perempuan dari internal maupun eksternal partai.

Seperti Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Ketua DPP PDI Perjuangan Sri Rahayu, anggota DPR RI Puti Guntur Soekarno, anggota DPR RI Krisdayanti, dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Baca juga : Lestari Imbau Pemerintah Siapkan Sejak Dini Keamanan Jalur Mudik

Kemudian, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Akademisi Dr Reni Soewarso dari FISIP Universitas Indonesia (UI), pakar hukum tata negara Bivitri Susanti, ekonom Aviliani hingga Direktur Wahid Foundation, Yenny Wahid.

Selain itu, kaderisasi perempuan ini juga mengundang Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri untuk menjadi narasumber. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.