Dark/Light Mode

PKS Ngincar Sandi Jadi Cawapres Anies

Prabowo: Selama Di Gerindra, Semua Patuh Garis Partai, Saya Capresnya..

Minggu, 5 Maret 2023 15:17 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah, kiri) bersama Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah, kanan) di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/3). (Foto: Khoirul Umam/RM)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah, kiri) bersama Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah, kanan) di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/3). (Foto: Khoirul Umam/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan, seluruh kadernya harus patuh terhadap keputusan partai, yang mengusung dirinya sebagai Calon Presiden 2024.

Pernyataan ini disampaikan Prabowo, menyusul dorongan PKS yang berniat menjodohkan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno dengan Capres Koalisi Indonesia Perubahan (KIP), Anies Baswedan.

"Selama dia (Sandi) ada di partai (Gerindra), maka dia akan patuh garis partai," kata Prabowo di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/3).

Baca juga : Nyatakan AHY Cocok Jadi Cawapres Anies, Surya Paloh Bijaksana Dalam Berpolitik

Prabowo mengungkap, Sandi telah berkali-kali menjawab kesetiaannya terhadap keputusan partai. Memajukan Prabowo sebagai Capres 2024.

"Saya kira, Sandi sudah jawab berkali-kali di forum, bahwa dia patuh dan taat keputusan partai. Dalam keputusan partai, saya jadi capresnya," terang Menteri Pertahanan tersebut.

Ketertarikan PKS untuk menjodohkan Sandi dengan Anies, dilatari oleh hasil positif di Pilgub DKI Jakarta 2017.

Baca juga : Erick Jadi Bos PSSI, Persib: Selamat, Semoga Bisa Benahi Sepakbola Indonesia

"PKS ingin mengusung pasangan Cawapres yang punya elektabilitas tinggi dan menang. Sandi adalah salah satu yang punya elektabilitas tinggi dan punya kesamaan misi. Sekalipun saat ini, dia berada di poros pemerintah," kata Juru Bicara PKS Muhammad Iqbal kepada wartawan, Rabu (2/3).

"Dalam politik, peluang Sandi masih tetap ada. Bila angka surveinya tinggi dan visinya sama, pasti akan dipertimbangkan," sambungnya.

Meski begitu, Iqbal menegaskan, Koalisi Indonesia Perubahan (KIP) bentukan NasDem, Demokrat dan PKS punya segudang nama yang dinilai kompeten mendampingi Anies.

Baca juga : Pengamat: Sindiran Amien Reaksioner, Prabowo Banyak Bantu Partai Ummat

"Bila tak sesuai, ada banyak pilihan lain," cetusnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.