Dark/Light Mode

Tinggal Kasih Nomor Urut Bacaleg

PDIP Kalteng Siap Tempur

Kamis, 6 April 2023 07:35 WIB
Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Arton S Dohong. (Foto: Istimewa)
Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Arton S Dohong. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) siap menyambut gelaran Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Mereka tinggal melakukan penomoran bakal calon anggota legislatef (caleg) untuk didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Arton S Dohong mengatakan, pihaknya siap mengadapi dan memenangkan gelaran pesta demokrasi 2024. Saat ini, ungkap dia, pihaknya tinggal melakukan penomoran bakal caleg untuk didaftarkan ke KPU.

“Kami tinggal menunggu waktu untuk penomoran urut masing-masing bakal calon ang­gota legislatif, yang kemudian untuk diajukan menjadi daftar calon sementara melalui Silon di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Tunggu saja, sebentar lagi,” ujar Arton, kemarin.

Baca juga : Partenopei Siap Lepas Zielinski

Dijelaskannya, pihakya sudah jauh hari menyiapkan diri untuk menghadapi Pileg 2024. Mulai dari penjaringan bakal caleg hingga pembekalan dan pendidikan dilakukan secara sek­sama dan terkoodinir. “Intinya, PDI Perjuangan sudah siap dan lebih awal kita mempersiapkan seluruh kader, dalam rangka bersama-sama berjuang meme­nangkan partai ini,” tegas dia.

Mantan Bupati Gunung Mas (Gumas) ini menerangkan, PDI Perjuangan akan fokus di Pileg 2024. Sebab, raihan Pileg akan menentukan kesiapan partai da­lam menghadapi kontestasi se­lanjutnya, yakni Pemilu Kelapa Daerah (Pilkada).

“Jadi, kita harus menang­kan Pileg dan Pemilu Presiden (Pilpres) dulu. Itu akan menjadi modal kami untuk maju di kon­testasi selanjutnya. Kalau kami kalah, percuma bicara untuk Pilkada, boro-boro bicara ten­tang Pilkada kalau kami tidak bisa memajukan calon sendiri,” jelas dia.

Baca juga : Beringin Sudah Siap Bertarung

Arton menegaskan, PDI Perjuangan Provinsi Kalteng akan selalu satu komando dengan Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Sebab, partainya memiliki am­bisi untuk meraih kemenangan berturut-turut, atau kali ketiga di tingkat nasional.

“Soal Pilkada, kita bicara nanti. Sebab, kami tidak mungkin men­dahului tahapan. PDI Perjuangan di seluruh Indonesia, sesuai dengan instruksi Ketua Umum, Ibu Megawati Soekarnoputri, kami fokus menghadapi Pileg dan Pemilihan Presiden Pilpres,” pungkasnya.

Terpisah, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Kalteng, Sigit K Yunianto menyampai­kan, pihaknya menargetkan 15 kursi dalam Pileg 2024. Target ini diangap realistis karena di Pileg sebelumnya mereka meraih 12 kursi.

Baca juga : Sore Ini Derbi Jatim, Macan Putih Siap Terkam Singo Edan

“Kami sudah melakukan pengkaderan, bahkan menyusun sejumlah strategi untuk meningkatkan jumlah kursi di DPRD Kalteng yang semula 12 kalau bisa kami tambah menjadi 15 sampai 16 kursi,” ujarnya.

Sigit menuturkan, bakal caleg yang akan didaftarkan ke KPUmerupakan nama-nama yang selama ini memiliki konstituen yang sangat kuat di sejumlah daerah. Dengan meraih 15 kursi, lanjut dia, sudah tentu PDI Perjuangan dapat mengajukan calon kepala daerahnya secara sendiri karena syarat untuk maju sebagai kepala daerah sudah sangatmencukupi dengan jum­lah tersebut.

“Ya kami optimis bahwa targettersebut tercapai, makanya pen­gurus partai terus berusaha dan terus menjalankan strategi-strategi yang sudah disusun dengan baik untuk menghadapi pemilu mendatang,” ujarnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.