Dark/Light Mode

Bangun Koalisi Besar

Airlangga All Out

Jumat, 14 April 2023 08:00 WIB
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Antara).
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tidak main-main dengan gagasan koalisi besar. Saking seriusnya, Airlangga siap all out untuk mewujudkan mimpi itu.

Salah satu keseriusan itu, Airlangga sampai menyiapkan Rancangan Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) untuk koalisi besar. Awalnya, ide membentuk koalisi besar itu dilemparkan Airlangga saat menghadiri buka bersama di kantor DPP NasDem, awal Ramadan lalu. Dari situ, kemudian wacana koalisi besar makin membesar.

Lima parpol di koalisi pendukung pemerintah, yakni Golkar-Gerindra, PKB, PAN, PPP bahkan sudah bertemu. Di pertemuan perdana itu hadir juga Presiden Jokowi. Belakangan, PDIP sebagai partai pemenang pemilu mengisyaratkan bakal bergabung dalam koalisi yang digagas Airlangga itu.

Baca juga : Idris Laena: Koalisi Besar, Jalan Tengah Hindari Polarisasi Ekstrem

Meskipun belum final soal urusan capres-cawapres, Airlangga sebagai leader koalisi besar sudah menyiapkan RPJP 2025-2045 untuk Indonesia. RPJP itu akan dimasukkan Pemerintah ke DPR untuk dibahas bersama-sama.

“Karena ini akan masih ke DPR dan dibahas di masa sidang ini sampai September, diharapkan pada capres nanti bisa mengacu RPJP yang baru,” kata Airlangga dalam keterangan tertulis, kemarin

RPJP merupakan rencana pembangunan yang akan sesuai dengan visi kenegaraan. Menurut Airlangga, visi itulah yang penting dibahas bersama lima partai politik yang saat ini punya keinginan bersama untuk membentuk koalisi besar.

Baca juga : Berebut Kursi Capres, Koalisi Besar Masih Adu Kuat

Menko Perekonomian itu menegaskan, RPJP benar-benar sesuai visi misi yang disepakati bersama. Tentunya mengawal proses demokrasi agar berjalan secara baik, dan juga menjaga agar proses ini mempunyai regulasi yang transparan, jelas, dan terbuka.

“Sehingga tidak ada perubahan regulasi di tengah,” tutur mantan Menteri Perindustrian itu.

Untuk diketahui, sejak melemparkan wacana pembentukan koalisi besar, Airlangga cukup aktif mendekati pimpinan parpol lain. Termasuk menjalin komunikasi dengan parpol non parlemen.

Baca juga : Beringin Mau Nggak Nih Nurunin Gengsi?

Mulai dari ketemu Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Lalu bertemu dengan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, pada Senin (10/4) sore. Terakhir, bertemu dengan Ketua Umum PSI Giring Ganesha. Sama seperti HT, Giring menemui Airlangga untuk membicarakan Koalisi Besar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.