Dewan Pers

Dark/Light Mode

Rebutan Kursi Pimpin DPRD DKI, Pras Dan Gembong Siapa Kuat ?

Jumat, 30 Agustus 2019 18:15 WIB
Rebutan Kursi Pimpin DPRD DKI, Pras Dan Gembong Siapa Kuat ?

RM.id  Rakyat Merdeka - DPP PDI Perjuangan masih menggodok nama-nama calon sebagai Ketua DPRD DKI periode 2019-2024 nanti. 

Eks Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi dan mantan Ketua Fraksi PDIP Gembong Warsono digadang-gadang sebagai calon kuat untuk jadi pimpinan  DPRD DKI. Pras dan Gembong siapa kuat ?

Pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo mengatakan, Ketua DPRD DKI Jakarta ke depan diharapkan memiliki pengalaman, keluwesan dalam melobi, popularitas serta memiliki kemampuan memenangkan PDI Perjuangan di Pemilu 2024 mendatang. 

“Kedua nama diatas memiliki peluang sama. Prasetyo, misalnya memiliki pengalaman dan keluwesannya melobi serta dikenal sebagai Ketua DPRD 4 Gubernur dan Gembong yang banyak tampil di media,” kata Karyono, Jumat (30/8).

Berita Terkait : Seluruh Pimpinan DPRD DKI Jakarta Periode 2014-2019 Telah Kembalikan Kendaraan Dinas

Karyono mengatakan, dalam 10 tahun ini, PDI Perjuangan cukup moncer di Jakarta. Bahkan memecahkan rekor dua kali menang dalam Pemilu Legislatif. Bahkan, menang dua kali Pilpres dan satu kali Pilkada. 

“Kalau Pilkada 2017 lalu ada faktor lain yang menyebabkan calon yang diusung PDI Perjuangan kalah,” jelasnya.

Diapun yakin, DPP bakal memilih antara Prasetyo atau Gembong. Sebab, kedua nama itulah yang sejauh ini memiliki rekam jejak baik dalam perpolitikan di Jakarta.

Pelaksana tugas Ketua DPRD DKI Jakarta Pantas Nainggolan menyebut setidaknya ada tiga nama yang dikirimkan DPD PDIP Jakarta ke DPRD DKI Jakarta.

Berita Terkait : Ketagihan Dikritik, DPR Kembali Gelar Lomba Stand Up Comedy

"Ada tiga yang sudah dikirimkan DPP. Toh nanti yang diputus satu juga," kata Pantas di DPRD DKI Jakarta, Selasa (27/8).

Pantas mengungapkan,  ketiga nama tersebut ialah mantan Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi, mantan Ketua Fraksi PDIP Gembong Warsono, dan politikus PDIP Ida Mahmudah.

Pemilihan nama itu nanti sepenuhnya ialah keputusan dari PDIP. Pantas menyatakan DPRD DKI hanya akan menerima laporan untuk nama yang sudah terpilih.

"Kita serahkan karena itu kewenangan dari DPP, itu sudah aturan main kita. Apa pun keputusan dari DPP wajib tunduk dan taat," tutup dia.

Berita Terkait : Di Kongres PDIP, Prabowo Dianggap Pemenang Perang

Prasetyo merupakan Ketua DPRD periode 2014-2019. Dia juga memiliki pengalaman dalam memenangkan Jokowi-Ahok di Pilgub 2012, Pileg dan Pilpres 2014 dan menjadi Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Amin pada Pilpres 2019 lalu. [MRA]
 

Tags :