Dark/Light Mode

Di Istana Presiden Pastikan Tak Ada Munaslub

Airlangga Berseri-seri

Selasa, 1 Agustus 2023 08:00 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama seluruh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I (tingkat provinsi) Partai Golkar se-Indonesia usai merapatkan barisan, di kawasan Nusa Dua, Bali, Minggu (30/7) malam. Seluruh Ketua DPD I Golkar menolak Munaslub. (Foto: Antara)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama seluruh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I (tingkat provinsi) Partai Golkar se-Indonesia usai merapatkan barisan, di kawasan Nusa Dua, Bali, Minggu (30/7) malam. Seluruh Ketua DPD I Golkar menolak Munaslub. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Wapres RI ke-12 dan 14 ini menilai, kehebohan Munaslub ini muncul lantaran Golkar terlambat menentukan pilihan koalisi. Menurut JK, hal itu disebabkan pilihan koalisi Golkar sangat tergantung pada penguasa. Ia berharap, setelah ini Golkar berani menentukan sikap. “Golkar harus siap dan berani berdiri sendiri dan menentukan sikap,” harapnya.

Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily, mengklaim seluruh DPD Golkar solid menolak wacana Munaslub dan mendukung kepemimpinan Airlangga. Ace menegaskan, sikap tersebut diambil setelah 38 ketua DPD Provinsi se-Indonesia mengadakan pertemuan dengan Airlangga di Bali, pada Minggu malam.

“Jadi, gonjang-ganjing di tubuh partai Golkar ini sudah seharusnya dihentikan karena sebagaimana kita tahu, waktu Pemilu tinggal 200 hari lagi,” kata Ace, dalam keterangan tertulis, kemarin.

Baca juga : Gaduh Kasus Basarnas, Pimpinan KPK Pastikan Tak Akan Mundur

Wakil Ketua Komisi VIII DPR ini mengajak semua kader Golkar fokus terhadap pelaksanaan dan persiapan Pileg, Pilpres dan Pilkada Serentak 2024.

Saat ini, kata Ace, jajaran pengurus Partai Golkar di tingkat DPD, kota, dan kabupaten, sedang sibuk mengawal kemenangan partai di Pemilu 2024.

Penolakan Munaslub juga sebelumnya disampaikan Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie atau yang akrab disapa Ical. Ical menegaskan, tetap setia kepada Airlangga. Ia pun meminta kader tetap solid mendukung kepemimpinan Airlangga.

Baca juga : Airlangga Senyum Ditanya Luhut Siap Jadi Ketum

Sebagaimana diketahui, wacana Munaslub muncul sejak pertengahan bulan Juli lalu. Sejumlah politisi senior Golkar mendesak Airlangga menggelar Munaslub lantaran elektabilitas partai terus melorot. Di tengah desakan tersebut, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyatakan siap menjadi calon ketua umum Partai Golkar.

Di tengah desakan itu, Airlangga melakukan konsolidasi dengan mengumpulkan semua pengurus DPD. Airlangga juga bertemu dengan Luhut dan Bahlil. Usai pertemuan itu, airmuka Airlangga kembali cerah.

“Saya sudah bertemu keduanya. Munaslub tidak ada. Pergantian Ketua Umum Golkar tidak ada. Solid semua,” pungkasnya.

Baca juga : AMMI: Presiden Amat Perhatian Ke Kaum Muda Papua

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 1/8/2023 dengan judul Di Istana Presiden Pastikan Tak Ada Munaslub, Airlangga Berseri-seri

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.