Dark/Light Mode

Pilkada Kota Depok, Koalisi Gemuk Tetap Sulit Menggusur PKS

Selasa, 17 September 2019 09:17 WIB
Pilkada Kota Depok, Koalisi Gemuk Tetap Sulit Menggusur PKS

RM.id  Rakyat Merdeka - Koalisi gemuk yang sedang digagas PDI Perjuangan dan Partai Gerindra diprediksi sulit menumbangkan dominasi PKS di Pilkada Kota Depok 2020. Pasalnya, PKS cukup kuat di wilayah itu. 

“Dapat dipastikan koalisi besar dibangun untuk menggusur dominasi PKS akan sulit terwujud. PKS akan tetap menang di Kota Depok,” kata Direktur Eksekutif Pusat Studi Hukum Kota Depok, Bernhard keterangannya, kemarin. 

Meski belum ditentukan siapa nantinya diusulkan menjadi calon walikota dan wakil walikota, Benhard menilai PKS sudah memiliki jaringan kuat.

Baca juga : Para Srikandi Indonesia Dukung Pembentukan Dewan Pengawas KPK

Mulai dari alim ulama, tokoh masyarakat, hingga ke kalangan rukun tetangga (RT) maupun rukun warga (RW) di Kota Depok. Kemudian, massa pemilih PKS memiliki soliditas dan solidaritas kuat serta memiliki militansi. 

“Bahkan pemilih PKS tidak cenderung transaksional,” ujarnya. 

Sebagai partai yang selama ini menguasai Depok, PKS memanfaatkan itu untuk melakukan konsilidasi dan membangun simpul-simpul politik dari segala elemen ma syarakat. Itu membuat calon diusung PKS jadi sulit dika lahkan. 

Baca juga : PAN Diprediksi Kesulitan Mendorong Mesin Partai

“Koalisi gemuk juga harus membuat daftar isu-isu politik strategis dan membangun penggalangan opini publik secara terus menerus lewat media,” tuturnya. 

Diketahui, ada enam partai tengah membangun koalisi gemuk. Yakni Gerindra, PDIP, Golkar, Demok rat, PPP dan PAN. Koalisi itu rencananya diberi nama 

“Koalisi Depok Bangkit.” Tujuan utama koalisi enam partai politik ini untuk meninggalkan PKS. Berangkat dari keingingan sama, paling tidak PKS ber akhir di 2020. [EDY]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.