Dark/Light Mode

Zulhas: Rekor Surplus Neraca Perdagangan, Kontribusi Nyata PAN Untuk Negeri

Rabu, 23 Agustus 2023 14:32 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Foto: Instagram)
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - 23 Agustus 2023 adalah tonggak penting  perjalanan Partai Amanat Nasional (PAN), yang kini berusia 25 tahun.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut, partai berlambang matahari putih ini telah banyak melalui beragam peristiwa, momen sejarah, pencapaian penting, dan  berbagai hal yang harus disyukuri sebagai rahmat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

Diawali dengan semangat perbaikan untuk kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik, Zulhas mengatakan, semangat PAN harus relevan dengan optimisme Indonesia maju.

Semua gerak langkah PAN, harus dimaksudkan untuk mewujudkan cita-cita para pendiri Republik: menjadi aktor utama yang ikut serta melaksanakan ketertiban dunia.

Artinya, visi Indonesia ke depan harus lebih outward looking. Tidak hanya inward looking

Baca juga : Mahasiswa Dari 11 Universitas Pelajari Kontribusi Besar Sawit Bagi Bangsa

Indonesia harus lebih percaya diri, sebagai salah satu negara dengan kekuatan ekonomi-politik terbesar di dunia. Menjadi pemimpin di level global.

"Inilah yang menjadi visi dan semangat saya dalam memimpin PAN, di usianya yang makin matang hari ini. PAN harus terlibat aktif dalam upaya memajukan bangsa dan negara. Serta terus memastikan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, menciptakan tatanan bernegara yang adil dan berdaulat," kata Zulhas dalam keterangannya, Rabu (23/8).

Zulhas yang kini menjabat Menteri Perdagangan menegaskan, bersama pemerintahan Presiden Jokowi yang berkomitmen terhadap ide-ide kemajuan bangsa, PAN adalah bagian penting untuk memastikan visi itu terwujud. Terus melaju untuk Indonesia maju.

PAN bukan hanya menyumbang ide, tetapi juga bekerja sepenuh hati. Tak hanya membawa aspirasi di parlemen, tetapi juga memastikannya terlaksana di tingkat eksekutif.

"Saat dipercaya memimpin Kementerian Perdagangan, sebagai Ketua Umum PAN, saya membawa ide-ide partai ini untuk berpihak kepada kepentingan rakyat. Memastikan bahwa perdagangan kita harus untuk sebesar-besarnya kepentingan rakyat," tutur Zulhas.

Baca juga : Ini Tips Aurel Hermansyah Persiapkan Hal Baru Untuk Anak

Menurutnya, dunia bisnis juga harus berpihak kepada ekonomi kerakyatan. UMKM dan usaha rakyat harus dibela untuk kesejahteraan bersama.

"Alhamdulillah, satu tahun memimpin Kementerian ini, banyak prestasi telah ditorehkan. Salah satunya, surplus neraca perdagangan Republik Indonesia yang melebihi 50,59 miliar dolar AS atau Rp 773,85 triliun. Rekor terbesar sejak republik ini berdiri. Ini adalah salah satu bentuk nyata PAN berkontribusi untuk negeri," papar Zulhas.

Visi PAN berikutnya untuk bangsa ini adalah mengawal kedaulatan, terutama di bidang pangan dan energi.

Pembangunan dalam bidang ekonomi dan infrastruktur yang telah dikerjakan pemerintahan saat ini secara gemilang, perlu dilanjutkan dengan mengawal kedaulatan di bidang pangan dan energi.

Swasembada pangan merupakan mandat pemerintahan berikutnya, yang harus disukseskan bersama.

Baca juga : Gelar Program Saling Sapa, PKT Genjot Kontribusi Pada Pendidikan Lingkungan

Kemandirian dalam bidang energi, juga menjadi kunci dalam memenangkan persaingan global di masa yang akan datang.

Zulhas pun memberikan mandat kepada para kader PAN di seluruh Indonesia, untuk memperjuangkan ide-ide kemajuan ini.

Kader PAN harus bekerja secara serius dan bersungguh-sungguh, untuk mewujudkannya. Pencapaian di pileg dan pilpres yang akan datang, menjadi kunci keberhasilan visi ini.

"Kita bersyukur, saat ini berbagai survei memotret tren kenaikan elektabilitas PAN yang signifikan. Yang terkini, mencapai angka 4-5 persen. Kita harus pastikan, bisa meraih angka yang lebih tinggi pada kontestasi yang sesungguhnya. Insya Allah," ujar Zulhas.

"Selamat 25 Tahun Partai Amanat Nasional. Syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Lihatlah matahari telah tinggi, di ufuk timur sana. Semakin hari, matahari telah semakin tinggi. Matahari jam 12 pas! Tepat di atas kita semua! Itulah matahari yang terang benderang. Matahari yang cerahkan masa depan Indonesia," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.