Dark/Light Mode

Tanggapi Survei Litbang Kompas

Banteng Yakin, Ganjar Dapat Restunya Jokowi

Jumat, 25 Agustus 2023 07:35 WIB
Ketua DPP PDIP, Said Abdullah. (Foto: Antara)
Ketua DPP PDIP, Said Abdullah. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
"Pemilih garis keras Pak Jokowi, telah balik lagi ke Pak Ganjar. Setelah sempat hilang akibat penolakan Piala Dunia U-20. Kala itu, Pak Ganjar ka­lah, sekarang menang meski ti­pis. Ini akan terus rebound-nya," ujar Ketua Umum DPP Jaman, Iwan Dwi Laksono dalam keterangannya, kemarin.

Apalagi, lanjutnya, kini Presiden Jokowi sudah mulai terang benderang menyatakan dukungannya kepada Ganjar. Pertanda dukungan Jokowi, salah satunya dimulai dari ke­luarganya. Yakni, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

"Kan sudah ada videonya Mas Gibran dan Mas Bobby jelas mendukung Pak Ganjar. Ini akan bikin para swing voters yang masih bingung, berlabuh ke Pak Ganjar," ucapnya.

Baca juga : Ganjar Paling Menanjak

Sedangkan Ketua Umum Kebangkitan Indonesia Baru (KIB) sekaligus Juru Bicara Forum Gabungan Relawan Jokowi, Taki Reinhard Parapat menyakini, seluruh organisasi relawan Jokowi akan ikut arahan soal Pilpres 2024.

"Kami ada 16 simpul relawan sejak 2014. Mengakar sampai ke daerah, pasti akan ikut komando beliau," kata Taki kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Diakuinya, gabungan relawa­nnya kerap berdiskusi denganPresiden Jokowi. Mantan Gubernur DKI Jakarta pun beberapa kali menyebutkan nama-nama calon.

Baca juga : Temanan Sejak Mahasiswa, Ganjar-Imin Gampang Ngeklik

"Pak Ganjar, Pak Prabowo, Pak Erick, Pak Sandiaga, Pak Mahfud kerap dibicarakan. Cuma yang intens, Pak Ganjar dan Pak Erick dalam beberapa kali pertemuan," bebernya.

Dia menyakini, Jokowi tak akan secara gamblang menen­tukan arah dukungan di publik. Namun, sebagai relawan yang sudah sering bersinggungan dan komunikasi intens, simbol-simbol Jokowi amat jelas.

"Tentu kriterianya yang bisa melanjutkan legacy pembangu­nan beliau, yang tidak berjarak dengan rakyat, rambut putih dan lainnya. Memang di eksternal, beliau selalu bilang ojo kesusu," tuturnya.

Baca juga : Banteng Merasa Dikeroyok, Ganjar Kenang Nasib Jokowi Di 2014

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 25/8/2023 dengan judul Tanggapi Survei Litbang Kompas, Banteng Yakin, Ganjar Dapat Restunya Jokowi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.