Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Alasan PSI Sambut Demokrat Di Hambalang, Padahal Belum Resmi Dukung Prabowo

Senin, 18 September 2023 11:23 WIB
Bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto diapit Wakil Ketua Dewan Pembina DPP PSI Grace Natalie dan Sekretaris Dewan Pembina DPP PSI Raja Juli Antoni, di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9). (Foto: Instagram/prabowo)
Bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto diapit Wakil Ketua Dewan Pembina DPP PSI Grace Natalie dan Sekretaris Dewan Pembina DPP PSI Raja Juli Antoni, di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9). (Foto: Instagram/prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemunculan elit Partai Solidaritas Indonesia (PSI) bersama Ketum parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Hambalang, Bogor, Minggu sore (17/9), saat menyambut kedatangan rombongan Demokrat, mengundang pertanyaan. Apakah PSI sudah gabung KIM?

Sebab, hingga saat ini PSI belum pernah menyatakan dukungan secara resmi untuk Prabowo Subianto maju sebagai bakal calon presiden (bacapres) 2024.

Plt Sekjen DPP PSI Isyana Bagoes Oka beralasan pihaknya dihubungi oleh salah seorang ketua DPP Gerindra, menyampaikan undangan Prabowo untuk hadir di Hambalang. 

“Untuk menghormati Pak SBY sebagai mantan presiden, Pak Prabowo mengajak teman-teman partai politik," ungkap Isyana dalam keterangannya, Senin (18/9).

Baca juga : Demokrat Kasih Dukungan, Prabowo Peluk SBY

Ia membenarkan bahwa PSI belum memberikan dukungan formal kepada Prabowo. Namun, lanjut Isyana, Ketua DPP Gerindra tersebut meyakinkan pihaknya bahwa belum adanya dukungan dari PSI tak menghalangi niat Prabowo mengundang partainya untuk hadir di Hambalang menerima kunjungan SBY.

"PSI sangat tersanjung dengan undangan dari Pak Probowo ini," ungkapnya.

Sebab, menurut Isyana, Prabowo adalah capres unggulan utama di sejumlah lembaga survei. Namun tetap mengundang mengundang PSI, parpol yang belum resmi mendukungnya. 

"PSI berprinsip bahwa silaturahim politik penting. Bila diundang oleh partai dan kandidat mana pun, PSI wajib hadiri. Oleh karena itu, dengan senang hati dan hati gembira kami hadiri undangan Pak Prabowo di Hambalang," terangnya.

Baca juga : Kamis Besok, Demokrat Umumkan Sikap Resmi Dukungan Capres 2024

Ia menceritakan bahwa pertemuan berlangsung baik, hangat penuh dengan suasana kekeluargaan. Isyana melihat ada komitmen bersama dari semua yang hadir untuk memajukan Indonesia.

Sayangnya, Isyana tidak secara gamblang menyebut nama salah satu ketua Gerindra yang mengundang PSI hadir.

Lalu siapa saja elit PSI yang hadir di Hambalang?

Isyana mengatakan, PSI membawa rombongan sekitar 15 orang. Ada Grace Natalie hingga Raja Juli Antoni, selaku Wakil Ketua dan Sekretaris Dewan Pembina DPP PSI. Namun, Ketumnya absen.

Baca juga : 2,5 Jam Di Hambalang, SBY Mengaku Nyaman Dengan Prabowo

"Bro Giring, Ketua Umum, berhalangan hadir karena ada acara partai di Tangsel yang tidak bisa ditunda," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.