Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Gerindra Yakin Prabowo-Gibran Menang Di Jatim

Sabtu, 4 November 2023 12:33 WIB
Caleg Partai Gerindra Nomor Urut 2 Dapil Madura (Jatim XI) Alwiyah Maulidyah. Foto: Istimewa
Caleg Partai Gerindra Nomor Urut 2 Dapil Madura (Jatim XI) Alwiyah Maulidyah. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah lembaga survei merilis hasil survei Capres-Cawapres di Jawa Timur (Jatim). Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming disebut mulai unggul di provinsi penentu ini.

Politisi Partai Gerindra Alwiyah Maulidyah tak heran dengan hasil sejumlah lembaga survei yang menempatkan Prabowo-Gibran di posisi puncak di Jatim. Pasalnya, khususnya Prabowo, sudah mendapatkan tempat di hati warga Jatim.

"Saya optimistis, Prabowo akan menang di Jawa Timur. Khususnya Madura. Pak Prabowo itu sudah ada di hati orang Madura. Apalagi ada faktor kasihan ke Pak Prabowo. Kalau sudah faktor ini, susah untuk beralih," kata Dial, sapaan Alwiyah Maulidyah saat berbincang dengan Rakyat Merdeka, Sabtu (04/11/2023).

Dia menceritakan, dalam dua Pilpres sebelumnya, Prabowo hampir selalu meraih 70 persen di Madura. Sementara di Jatim, selalu di kisaran 40 persen. Dia yakin, dengan tambahan kekuatan Gibran, suara Prabowo akan meningkat di seluruh Jatim.

Baca juga : Prabowo-Gibran Makin Unggul Di Pulau Jawa

Diakuinya, dinamika dukungan dalam Pilpres 2024 ini sangat terasa. Setidaknya di Madura, sebagai basis daerah pemilihannya, suara Prabowo naik turun. Saat Anies Baswedan dicalonkan sebagai Capres, pemilih Prabowo berkurang. Namun, begitu berpasangan dengan Muhaimin Iskandar, pemilih yang hijrah ke Anies, kembali ke Prabowo.

"Sekarang harus diakui, berkurang lagi karena ada Pak Mahfud MD. Bagaimana pun beliau orang Madura. Tetapi, kami optimistis lebih dari 50 persen tetap ke Pak Prabowo di Madura," katanya.

Dia beralasan, pemilih Mahfud kebanyakan di kelas menengah dan santri terpelajar. Sedangkan Prabowo, lebih ke akar rumput.

"Saya pun lebih memilih turun ke akar rumput. Sudah ketemu kepala desa-kepala desa di Madura," tutur Caleg Nomor Urut 2 Dapil Madura atau Jatim XI ini.

Baca juga : ReJO Siap Menangkan Prabowo-Gibran Di Pilpres

Keyakinan Prabowo-Gibran menyapu bersih Jatim, kata Dial, juga setelah mendengar kabar bahwa Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa akan menjadi tim pemenangan di Jatim.

"Apalagi semoga lewat bantuan Bu Khofifah dengan Muslimmatnya, dan sinergi semua pihak, akan memenangkan Pak Prabowo dan Mas Gibran," tuturnya.

Sekadar informasi, hasil survei lembaga Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 40,1 persen di Jatim. Disusul pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 35,9 persen, dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di angka 22,2 persen.

Baihaki Sirajt, Direktur ARCI menyebut, bergabungnya Gibran membuat Prabowo mendapat limpahan suara loyalis Jokowi di Jatim. Diketahui, Jatim merupakan basis Jokowi selama dua kali Pilpres di 2014 dan 2019.

Baca juga : TIM 8 Relawan Jokowi Untuk Prabowo Bangun Posko Di Jateng Dan Bali

"Salah satu faktornya loyalis Jokowi yang dulunya banyak merapat ke Ganjar, kini mulai beralih ke Prabowo," katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.