Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Ipemi Gelar Anugerah PII 2023

Ingrid: Perempuan Inspiratif Sejatinya Dari Sekitar Kita

Rabu, 6 Desember 2023 22:45 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) baru saja menggelar Anugerah Perempuan Inspiratif Indonesia (PII) 2023.

Ketua Umum Ipemi Ingrid Kansil mengatakan, perempuan inspiratif sejatinya ada di sekitar kita. PII 2023 merupakan program Ipemi menjelang Peringatan Hari Ibu pada 22 Desember 2023.

Acara ini terselenggara dengan kerja sama Kementerian Perindustrian (Kemenperin), yang dihadiri Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sekaligus membuka pameran produk unggulan Ipemi di Gedung Kemenperin, Jakarta, Rabu (6/12/2023).

Kali ini, Anugerah PII diberikan kepada 48 perempuan tangguh Indonesia yang inspiratif dan memberikan kontribusi nyata terhadap bangsa dan negara.

Di antaranya Fajriyah Usman, Elvi Rofiqotul Hidayah, Aviliani, Prof Marselina, Prof Siti Zuhro, Henri Saparini, Endang Setyowati Thohari, Triana Agustin, Tatong Bara, Sri Wahyuni Utami Herman, Rosmaida Saragih, Yuni Setyawati, dan lainnya.

Ingrid mengatakan, Indonesia selalu melahirkan perempuan inspiratif.

Seperti, Raden Ajeng Kartini, Raden Dewi Sartika, dan Nyai Ahmad Dahlan.

Baca juga : Gelar Festival UMKM 2023, Sinar Mas Kerek Daya Saing Usaha Kecil

Begitu juga saat ini, ada Sri Mulyani Indrawati dan Susi Pudjiastuti.

Menurut Ingrid, perempuan inspiratif sejatinya bisa ditemui di kehidupan kita.

Perempuan inspiratif tidak melulu dari tokoh terkenal. Sebab, keberhasilan merealisasikan sosok mereka bergantung pada kemampuan diri sendiri.

"Lagipula, kita tentu lebih mengenal dekat orang di sekitar kita dibanding para tokoh. Terlebih, kisah para tokoh tersebut ditulis seseorang yang sedikit banyak ada kadar subjektivitas," terang Ingrid.

Baginya, perempuan inspiratif adalah perempuan yang berhasil menghadapi persoalan pelik dalam hidupnya.

"Mereka dihadapkan pada beberapa pilihan yang semuanya baik. Menjadi ibu rumah tangga atau menjadi seorang pekerja, seperti tren di negara maju," urai Ingrid.

Sebagai seorang perempuan yang diberi tugas tambahan melahirkan, jelas ada beban bagaimana menciptakan masa depan yang baik buat orang-orang yang mereka cintai. Hal ini membuat mereka mesti melakukan sesuatu yang lebih, tetapi tetap merekatkan orang-orang yang mereka cintai.

Baca juga : Uzbekistan Mau Cetak Sejarah Di Indonesia

"Oleh karena itu, saya pikir mereka yang seharusnya menjadi perempuan inspirasi indonesia. Ialah para ibu yang bekerja demi kelangsungan dan masa depan keluarganya. Perempuan inspiratif adalah mereka yang membagi pikirannya ke keluarga dan dunia kerja, tapi tetap mencintai keluarganya dengan sepenuh hati," ucap Ingrid.

Anugerah PII 2023 ini juga dibarengi dengan pameran unggulan Ipemi. Seperti kerajinan tangan, kuliner, konveksi, dan lain-lain.

Begitu juga ragam produk inovatif seperti batik, lurik, keramik, anyaman bambu yang berhasil diekspor. 

Pada kesempatan itu, Agus Gumiwang mendukung pameran produk unggulan yang diselenggarakan Ipemi.

Merujuk data BPS tahun 2022, pelaku usaha industri kecil dan menengah (IKM) di Indonesia didominasi oleh perempuan

"Pada tahun 2022 pengusaha industri kecil perempuan itu populasinya mencapai 70,26 persen. Itu besar sekali dari total pengusaha industri kecil nasional," kata Agus Gumiwang.

Angka itu meningkat dibandingkan pada tahun 2021 yang mencapai 67,85 persen.

Baca juga : Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia Penting Atasi Stunting

Menperin mengatakan, ajang yang diselenggarakan Ipemi dapat memberikan inspirasi kepada pelaku usaha perempuan di Indonesia untuk terus berkarya dan memberikan manfaat kepada masyarakat secara luas.

Serta mendorong perluasan akses pasar IKM sehingga dapat bersaing pada pasar lokal maupun global.

Dalam upaya mendukung keberlangsungan IKM, Agus Gumiwang mengajak seluruh masyarakat ikut serta dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dengan membeli produk IKM.

"Hal ini memberikan dampak yang besar pada sektor pendukung seperti perajin, tenaga kerja, penyedia bahan baku, logistik, dan sektor terkait lainnya," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.