Dark/Light Mode

PDIP Nilai Realistis Ganjar-Mahfud Akan Bangun Puluhan Puskesmas

Jumat, 5 Januari 2024 19:14 WIB
Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Charles Honoris. Foto: Istimewa
Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Charles Honoris. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Charles Honoris mengatakan, target pembangunan puluhan unit Puskesmas sebagai janji Ganjar Pranowo-Mahfud MD merupakan program yang realistis dan mendasar.

Sebab, hal itu merupakan amanat konstitusi terkait hak dasar warga negara untuk mendapatkan layanan kesehatan.

"Program ini adalah program realistis yang tidak bisa ditawar demi pemenuhan hak konstitusional warga negara atas pelayanan kesehatan, yang pada akhirnya dapat menaikkan derajat hidup manusia Indonesia," kata Charles, dalam keterangannya, Jumat (5/1/2024).

Baca juga : Janjikan Modal Usaha, Ganjar-Mahfud Jamin Lansia Tetap Bisa Produktif

Charles menjelaskan, saat ini terdapat ketimpangan yang besar dalam layanan kesehatan antara daerah di Jawa dan luar Jawa. Khususnya di daerah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T).

Charles menambahkan, selain membangun Puskesmas, Ganjar-Mahfud juga akan mempercepat penerapan telemedicine, dan layanan konsultasi keliling untuk wilayah-wilayah yang belum memiliki faskes sendiri.

Charles melanjutkan, selain membangun fasilitas kesehatan (faskes), pasangan Ganjar-Mahfud juga akan mewujudkan pemerataan penyebaran tenaga kesehatan seperti dokter umum di setiap faskes yang ada.

Baca juga : Jamin Semua Lulusan Pasti Kerja, Ganjar-Mahfud Janjikan 17 Juta Lapangan Kerja

Sekadar informasi, jumlah penduduk Indonesia saat ini 278,8 juta jiwa. Sementara jumlah dokter umum, berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per Juni 2023, hanya 159.977 orang.

Itu berarti Indonesia masih mengalami kekurangan 118.000 dokter umum, jika mengacu rasio standar WHO, satu dokter umum berbanding 1.000 penduduk.

Sebelumnya, pasangan nomor urut tiga Ganjar-Mahfud bertekad akan membangun 49.344 Puskesmas) selama lima tahun, jika terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden di Pilpres tahun ini.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Usung Lulusan SMK Langsung Kerja, Ini Saran Ekonom

Tekad tersebut merupakan realisasi dari salah satu program unggulan pasangan ini, yaitu Satu Desa, Satu Fasilitas Kesehatan (Faskes), Satu Tenaga Kesehatan (Nakes).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.