Dark/Light Mode

Soal Status Bapaknya Di PDIP, Kaesang: Emang Sudah Dipecat?

Rabu, 7 Februari 2024 06:40 WIB
Presiden Jokowi bertemu Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep dan kader muda di Kawasan Braga, Kota Bandung, Jawa Barat. Foto: Twitter/PSI
Presiden Jokowi bertemu Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep dan kader muda di Kawasan Braga, Kota Bandung, Jawa Barat. Foto: Twitter/PSI

RM.id  Rakyat Merdeka - Putra bungsu Presiden Jokowi yang juga Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep menanggapi pernyataan Ketua DPC PDIP, FX Hadi Rudyatmo yang menganggap Jokowi bukan kader PDIP. Menurut Kaesang, PSI terbuka untuk Jokowi.

“Oh berarti sudah di pecat ya?” tanya Kaesang saat ditemui di Lapangan Jetak Purwantoro Wonogiri, Jawa Tengah, Selasa (6/2/2024).

Kaesang buru-buru menyudahi omongan soal status keanggotaan Jokowi. Kata dia, urusan tersebut persoalan internal partai lain. “Itu kan urusan dapurnya partai lain. Saya nggak mau ikut campur,” ujar Kaesang.

Meski begitu, Kaesang membuka pintu lebar-lebar jika ayahnya ingin masuk PSI.

Baca juga : “Kampus Kritik Jokowi” Dilawan Video “Kampus Apresiasi Jokowi”

“Kami membuka lebar Pak Presiden untuk bergabung,” tutupnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Jokowi bertemu dengan Kaesang di Kawasan Braga, Kota Bandung, Jawa Barat, pada akhir pekan lalu. Dalam kesempatan itu, Jokowi memuji, PSI sebagai partai yang berani bersuara lantang, dan bersih. Eks Gubernur DKI Jakarta itu yakin, jika PSI mampu mempertahankan hal itu, PSI bisa lolos ambang batas parlemen ke DPR pada Pemilu 2024.

Kedekatan Jokowi dengan PSI itu diakui Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie. Kata dia, KTA Jokowi memang ada di PDIP, tapi hatinya ada di PSI.

Kedekatan Jokowi dengan PSI rupanya bikin Rudy, sapaan Hadi Rudyatmo, geregetan. Eks Wali Kota Solo itu pun menganggap Jokowi bukan lagi kader PDIP.

Baca juga : Jokowi; KTA Banteng, Hati PSI

“Saya sudah nggak nganggep (Jokowi) kader PDI Perjuangan saya. Lha, itu dengan partai lain kok, gimana,” tegas Rudy.

Soal sikap Jokowi yang memberikan dukungan kepada PSI, Rudy menilai sah-sah saja setiap partai punya target lolos ke Senayan. Kata dia, hal tersebut akan ditentukan pada hari pencoblosan 14 Februari 2024. “Yang penting kecurangan itu harus dihindari,” kata Rudy.

Rudy memang termasuk kader banteng yang kerap menyentil aksi Jokowi. Termasuk saat Jokowi kerap melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah.

Dihubungi terpisah, politisi senior PDIP, Hendrawan Supratikno enggan berkomentar panjang soal kedekatan PSI dengan Jokowi. “Semua partai pengusung Paslon 02 sibuk berebut Jokowi. Kami sibuk merebut hati rakyat,” kata Hendrawan.

Baca juga : Wajah Lama Pergi, Wajah Baru Datang

Menurutnya, PSI beruntung karena ketumnya adalah putra bungsu Jokowi. Sehingga PSI bisa bikin jargon sebagai partainya Jokowi.

Soal keanggotaan Jokowi di PDIP, Hendrawan mengatakan biar Jokowi yang memutuskan sendiri.

“Soal pilihan dan hati, kami tak bisa intervensi. Rakyat sudah semakin cerdas untuk menilai,” pungkasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 7 Februari 2024 dengan judul Soal Status Bapaknya Di PDIP, Kaesang: Emang Sudah Dipecat?

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.