Dark/Light Mode

Dapil I Provinsi Jambi

Dikepung Tokoh Lama, Caleg Cantik PSI Yakin Gondol Kursi

Sabtu, 12 Januari 2019 11:58 WIB
Sultan Adil Hendra (kiri) caleg dari Partai Gerindra, Ihsan Yunus (tengah) caleg dari PDI Perjuangan dan Ella Nofita Sari (kanan) caleg dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
Sultan Adil Hendra (kiri) caleg dari Partai Gerindra, Ihsan Yunus (tengah) caleg dari PDI Perjuangan dan Ella Nofita Sari (kanan) caleg dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Daerah Pemilihan (Dapil) Jambi tidak sepanas dapil di Pulau Sumatera lainnya. Tapi, siapa sangka, di balik ketenangan ini, caleg baru alias new comer bisa menjungkirbalikkan kursi petahana.

Berdasarkandata Komisi Pemilihan Umum (KPU), kompetisi di Dapil IJambi diikuti 102 caleg dari 13 partai. Mereka berebut 8 kursi DPR. Dapil Provinsi Jambi ini hanya satu. Wiyahnya digabung jadi satu. Yakni Kota Jambi, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Tebo, Bungo, Kota Sungai Penuh, Kerinci, Merangin, Sarolangun dan Batanghari.

Baca juga : Aziz Syamsudin Modal Bismillah, Dwita Ria Jaga Basis Massa

Seperti dapil pada umumnya, partai besar kembali menyorongkan petahana. Total, ada 6 incumbent maju lagi. PKB memunculkan kembali petahana H Handayani. Anggota Komisi IX DPR ini sudah membentuk tim relawan yang disebar di semua kecamatan se-Jambi. Hingga ke tingkat desa, relawan siap membawa kembali Handayani duduk di Senayan.

Handayani tidak sendirian. Partai pimpinan Muhaimin Iskandar pun jagokan anggota DPRD Jambi sekaligus Ketua DPW PKB Jambi, Sofyan Ali. Partai Gerindra juga terjunkan petahana Sutan Adil Hendra. Saat ini, Sutan masih duduk di Komisi X DPR. PDIPerjuangan tidak mau kalah. Partai Banteng moncong putih ini juga menurunkan muka lama, Ihsan Yunus. Pada Pileg 2014, Ihsan terpilih jadi anggota DPR dengan meraih 61.648 suara. Ihsan adalah pengusaha percetakan dan menjabat Direktur Utama PT Perca.

Baca juga : Zulhas, Muzani & Lodewijk Makin Moncer

Partai Golkar juga jagoannya, istri Bupati Tebo, Iskandar, Saniatul Lativa. Di Pileg 2014, Saniatul meraup 87.011 suara. Saat ini, dia menjadi anggota Komisi V DPR. Sama seperti partai beringin, Demokrat juga menurunkan muka lama, Zulfikar Achmad. Anggota Komisi lX DPR itu diturunkan bersama dengan Bendahara Demokrat Jambi, Paut Syakarin.

Terakhir, PAN munculkan lagi incumbent, HA Bakri. Saat ini, Bakri duduk di kursi Komisi V DPR, membidangi Perhubungan, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Pembangunan Perdesaan dan Kawasan Tertinggal, Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.