Dark/Light Mode

Puji Airlangga, Jokowi Goda JK dan Paloh

Kamis, 7 November 2019 08:05 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah), Wakil Presiden Maruf Amin (keenam kanan), Wakil Presiden ke-12 Jusuf Kalla (ketujuk kiri) Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kelima kanan) dan para pertinggi Partai Golkar lainnya dalam HUT Partai Golkar ke-55 di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (6/11). (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)
Presiden Joko Widodo (tengah), Wakil Presiden Maruf Amin (keenam kanan), Wakil Presiden ke-12 Jusuf Kalla (ketujuk kiri) Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kelima kanan) dan para pertinggi Partai Golkar lainnya dalam HUT Partai Golkar ke-55 di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (6/11). (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Jokowi mengaku sudah bertanya ke Paloh tentang tujuan melakukan pertemuan dengan Sohibul. Namun, belum mau dijawab. “Jawabnya, di lain waktu dijawab. Saya boleh bertanya dong, karena beliau masih di koalisi pemerintah,” goda Jokowi lagi.

Selain Paloh, Jokowi juga mencandai Jusuf Kalla alias JK. Jokowi mengaku sempat berbincang dengan JK saat berada di ruang tunggu sebelum memasuki Ballroom. Menurut Jokowi, setelah tak menjabat sebagai Wapres, JK merasa hari-harinya seperti Sabtu dan Minggu.

Baca juga : Jokowi: Munas Golkar Jangan Panas

“Tadi beliau di holding menyampaikan kepada saya. ‘Pak Jokowi, sekarang hari-hari saya seperti hari Sabtu dan Minggu. Bebas dan lepas’. Beliau yang menyampaikan,” tutur Jokowi menirukan perkataan JK. Mendengarnya, JK tampak terkekeh. “Dan saya menyampaikan benar Pak lihat bapak sekarang lebih cerah wajahnya,” ucapnya. Tawa berganti tepuk tangan.

Dalam sambutannya, Jokowi juga memuji Airlangga yang dinilai sukses memimpin Golkar. “Saya yakin Golkar terus melejit karena ketuanya top,” puji Jokowi. Tepuk tangan membahana. “Memang top. Beliau kan Menko Perekonomian lho. Jabatan yang sangat strategis saat ini,” sambung Jokowi. Jokowi yakin, Airlangga mampu mengemban amanah menteri dengan baik di tengah gejolak ekonomi saat ini.

Baca juga : Dipimpin Ketua Top Seperti Airlangga, Jokowi Yakin Golkar Tambah Melejit

Jokowi juga menyinggung Munas yang akan digelar Golkar bulan depan. Dia mengingatkan partai beringin menjaga situasi supaya tidak panas. Soalnya, Golkar sudah menjadi tulang punggung pemerintah saat ini. “Jadi, misalnya ada kegoncangan di Golkar sedikit, itu pemerintah kita juga ikut, Golkar goncangnya dikit, pemerintahnya ikut goncang dikit juga,” ucapnya.

Sebelumnya, Airlangga sudah duluan memuji Jokowi. Menurutnya, Jokowi telah berhasil memimpin kemitraan ekonomi kompehensif regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/ RCEP). Selama tujuh tahun berunding, baru saat ini RCEP telah menyelesaikan 20 bab perundingan. “Country coordinatornya adalah Indonesia. Pencapaian ini jauh lebih baik dibandingkan tahun terakhir yang baru menyelesaikan tujuh bab,” kata Airlangga.

Baca juga : Ketemu PM Morrison, Jokowi Cerita Kunker ke Papua

Airlangga mengatakan, Golkar akan terus mendukung pemerintahan Jokowi dalam menjaga stabilitas politik dan memperkuat demokrasi dalam negeri. Golkar juga akan meyakini pemerintah saat ini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan membuka peluang investasi.

“Serta meningkatkan dunia pendidikan kita dan menciptakan lapangan kerja,” tandas Airlangga. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.