Dark/Light Mode

Pendaftaran Bakal Cabup/Cawabup Abdya Mulai Diterima NasDem Rabu Pekan Ini

Senin, 29 April 2024 13:50 WIB
Ilustrasi Partai NasDem. (Foto: Ist)
Ilustrasi Partai NasDem. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendaftaran bakal Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai dibuka oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Abdya pada Rabu (1/5) pekan ini.

Ketua DPD Partai NasDem Abdya, Yusran bilang, pendaftaran kontestan Pilkada 2024 ini akan dibuka selama sepekan, hingga hari Selasa (7/5) mendatang di Kantor DPD Partai NasDem Abdya. 

“Pendaftaran ini terbuka untuk semua kalangan, baik dari internal Partai NasDem  maupun eksternal,” ujarnya.

Baca juga : Wamenaker Bakal Dapat Gelar Bandar Mudo Pengimbang Rajo Dari LAM Jambi

Ia menegaskan bahwa Partai NasDem merupakan partai yang terbuka bagi semua kalangan yang ingin melakukan perubahan demi kemajuan dan kemakmuran masyarakat Nanggroe Breuh Sigupai.

Oleh sebab itu, ia bersama seluruh pengurus dan kader NasDem Abdya membuka pintu selebar-lebarnya bagi putra-putri terbaik Abdya untuk untuk mendaftar sebagai bakal Cabup/Cawabup Abdya melalui Partai NasDem. 

“Tentu kami sangat terbuka bagi seluruh tokoh, akademisi, pengusaha, birokrat, politisi dan semua kalangan yang memiliki keinginan dan niat baik untuk membangun Abdya dengan menjadi bupati/wakil bupati," terangnya.

Baca juga : Bawaslu Akreditasi 90 Lembaga Pemantau Pemilu

Untuk penjaringan calon kepala daerah sendiri, Yusran menjelaskan, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem telah menerbitkan petunjuk teknisnya. Proses penjaringan hingga penetapan akan berlangsung dari bulan Mei hingga Agustus. 

Ada beberapa proses yang akan dilalui oleh bakal calon yang mendaftar. Di antaranya, verifikasi dokumen administrasi hingga sekolah calon kepala/wakil kepala daerah sebelum DPP menerbitkan SK penetapan calon kepala/wakil kepala daerah.

Proses itu harus dijalani oleh bakal Cabup/Cawabup yang akan diusung NasDem untuk memastikan calon yang nantinya diberikan mandat sebagai calon kepala daerah dan wakil kepala daerah benar-benar clear, baik secara administrasi, kesehatan, wawasan dan gagasan pembangunan Abdya ke depan.

Baca juga : Kampanye Colongan Mulai Mengerikan Nih

"Sehingga semua proses tahapan pilkada dapat dilalui dengan baik dan mendapat dukungan dari masyarakat Abdya,” pungkasnya.

Sebelumnya, pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2017, partai yang dinahkodai oleh Surya Paloh ini berhasil mengantarkan Akmal Ibrahim dan Muslizar MT sebagai Bupati dan Wakil Bupati Abdya bersama Partai Demokrat, PKB, PKS dan dua partai lokal yakni PNA dan PDA.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.