Dark/Light Mode

Airlangga Hartarto Kandidat Terkuat

Bursa Calon Ketua Umum Partai Golkar Makin Ramai

Rabu, 8 Mei 2024 07:30 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo
Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo menganalisa, bursa Calon Ketua Umum partai berlambang Pohon Beringin akan sangat dinamis. Belum bisa dipastikan, apakah akan aklamasi atau tidak. Sebabnya, Partai Golkar, punya banyak kader top

“DI politik tidak bisa disim­pulkan ‘A’ yang di permukaan, itulah ‘A’. Politik itu dinamis. Tergantung tikungan terakhir,” kata pria yang akrab disapa Bamsoet ini di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta, kemarin.

Diketahui, saat ini marak dukungan yang meminta Air­langga Hartarto kembali men­jadi Ketua Umum Partai Gol­kar. Bahkan, wacana aklamasi Airlangga kembali memimpin Golkar mengemuka. Sejumlah organisasi Beringin telah ber­sikap mendukung pertahana.

Baca juga : Pemerintah Tancap Gas Selesaikan Proyek IKN

Di antaranya, Pimpinan Pusat Kolektif Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (PPK-Kosgoro) 1957, Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR), Majelis Dak­wah Islamiah (MDI), Himpunan Wanita Karya (HWK), Pengajian Al-Hidayah, dan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).

Terkait dukungan yang di­berikan beberapa organisasi sayap partai hingga organisasi pendiri partai kepada Airlangga Hartarto, dia menyebut tak menjamin Airlangga akan ter­pilih menjadi ketua umum kembali. “Di Golkar itu yang pernah kita alami pernah ada pertarungan yang sengit, ada kemudian aklamasi, tergantung dinamika politik di internal partai Golkar dalam mendekati Munas,” ujarnya.

Ketua MPR ini menganalisa, hingga saat ini ada empat nama yang sudah muncul di bursa Caketum Partai Golkar. Yaitu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (petahana), Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, serta Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan dirinya. “Kalau Munas masih Desember kayaknya empat nama itu, kayaknya akan nambah, karena di Golkar banyak orang-orang hebat,” ungkapnya.

Baca juga : Jalur Independen DKI Dibuka, Silakan Daftar...

Sebelumnya, Ketua Bidang Ormas Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Fahd Elf­ouz Arafiq menyebut Airlangga banjir dukungan untuk menempati kembali kursi Ketum Berin­gin. Satu persatu, para tokoh maupun ormas internal partai mulai memberikan dukungan­nya. Ditegaskannya, seluruh ormas di bawah Partai Gol­kar mendukung penuh agar Airlangga Hartarto kembali terpilih secara aklamasi untuk memimpin Partai Golkar periode ketiga 2024-2029.

“Semua ormas pendiri atau­pun ormas yang didirikan, men­dukung penuh dan meminta Pak Airlangga kembali memimpin Partai Golkar kedepan,” ujar Fahd, dalam keterangannya kepada Rakyat Merdeka.

Dijelaskan, salah satu alasan Airlangga kembali dicalonkan untuk memimpin Partai Golkar karena kemenangan besar yang diraih partai di Pemilu 2024. Kecermatannya yang mampu membawa Beringin finish di urutan kedua.

Baca juga : Eko Patrio Lebih Dikenal Orang Sebagai Pelawak

“Model kepemimpinan serta strategi jitu yang diterapkan Pak Airlangga membuat partai ini meraih suara signifikan dalam pemilu legislatif maupun pemilu presiden kemaren,” ungkap mantan Ketum PP AMPG tersebut.

Menurutnya, pencapaian Par­tai Golkar sebesar 23.208.654 suara atau 15,29 persen merupakan buah kepemimpinan Airlangga dalam memaksimal semua potensi partai. Termasuk, mendayagunakan struktural organisasi, kepemimpinan yang tegas, berkualitas dan tepat sasaran.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.