Dark/Light Mode

Semua Setuju, Bung Karno

Bukan Hanya Milik Satu Partai

Sabtu, 11 Mei 2024 08:00 WIB
Pidato politik Presiden terpilih, Prabowo Subianto di acara PAN, Kamis (9/5/2024). (Foto: Tim Media Prabowo Subianto)
Pidato politik Presiden terpilih, Prabowo Subianto di acara PAN, Kamis (9/5/2024). (Foto: Tim Media Prabowo Subianto)

 Sebelumnya 
Tak hanya itu, Basarah juga me­minta agar Prabowo ketika menjabat Presiden tidak antikritik dan tak menganggap pihak yang berbeda pendapat sebagai kelompok peng­ganggu. "Sebab, demokrasi Pancasila yang mengajarkan keseimbangan politik itu pilihan terbaik bagi bangsa Indonesia,” cetusnya.

Sekjen NasDem Hermawi Taslim juga mengaminkan ucapan Prabowo. Hermawi bilang, Bung Karno milik bangsa. Bung Karno merupakan deklarator kemerdekaan Indoensia. Bukan deklarator salah satu partai.

"Kita tidak boleh memonopoli dan mengklaim BK (Bung Karno) secara sepihak yang akhirnya hanya akan mengecilkan eksistensi dan peran juang BK," beber Hermawi.

Baca juga : Pemerintah Perketat Usulan

Pendapat senada juga disampaikan Ketua DPP Golkar Dave Laksono. Menurutnya, Bung Karno adalah tokoh nasional yang paling kom­plit. Berkat Bung Karno, seluruh anak bangsa mengenal sejarah ke­merdekaan Indonesia.

"Pemikiran beliau lah yang men­jadi ciri khas bangsa Indonesia. Se­hingga semua yang dikaryakan oleh anak bangsa itu adalah benih yang Bung Karno tanamkan di semua lini bangsa," kata Dave.

Hal senada juga disampaikan Juru Bicara PSI Sigit Widodo. Kata dia, sudah sepantasnya tidak ada partai politik yang merasa pemilik tunggal Bung Karno.

Baca juga : Soksi Dukung Airlangga Kembali Pimpin Beringin

"Saya sangat setuju dengan Pak Prabowo. Bung Karno sebagai bapak bangsa dan proklamator kemerdekaan Indonesia tentu milik seluruh bangsa Indonesia, bukan hanya milik seke­lompok orang atau satu partai saja," pungkas Sigit.

Sedangkan PPP tidak memper­masalahkan apabila ada partai poli­tik yang menjadikan Bung Karno sebagai alat gagasan dan ideologi perjuangan. Terpenting, jangan kare­na berebutan Bung Karno kemudian terjadi perpecahan.

"Perannya masing-masing aja. Memang Bung Karno proklamator Indonesia. Apa yang disampaikan (Prabowo) juga tidak ada salahnya," cetus Ketua DPP PPP Achmad Baidowi.

Baca juga : Sudirman Said Nyagub

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 11 Mei 2024 dengan judul Semua Setuju, Bung Karno, Bukan Hanya Milik Satu Partai

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.