Dark/Light Mode

Viral Video Pidato Mardiono

PPP Diminta Tetap Solid

Kamis, 13 Juni 2024 07:30 WIB
Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mardiono
Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mardiono

RM.id  Rakyat Merdeka - Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mardiono angkat bicara, gara-gara potongan videonya di media sosial bikin geger. Dari video itu, dia terkesan kesal, karena disalahkan atas kegagalan partainya bertahandi Senayan di Pemilu 2024

ITU hanyalah potongan video kurang dari satu menit dan tidak mengubah soliditas partai. Video tersebut merupakan potongan pi­dato Mardiono di Rapimnas PPP di Tangerang, Kamis (6/6/2024). “Benar, video itu potongan pi­dato pada pembukaan Rapimnas dalam konteks arahan tertutup Plt Ketua Umum kepada selu­ruh peserta Rapimnas IX," kata Imam Priyono, Juru Bicara Plt Ketua Umum PPP, Mardiono di Jakarta, kemarin.

Imam menyayangkan, video arahan tertutup tersebut dipo­tong dengan tidak bertanggung jawab, dan menghilangkan kon­teks keseluruhan sambutan dari Mardiono. “Lebih disayangkan lagi, karena diedarkan di media sosial dan media massa, se­hingga berpotensi memperkeruh suasana dan mengganggu citra partai," katanya.

Baca juga : Starlink Diharapkan Ikut Membangun Infrastruktur

Dijelaskan Imam, konteks pidato utuh dari Mardiono dalam arahan tertutup ialah berkontemplasi bersama dan ti­dak saling menyalahkan usai Pemilu 2024. Menurutnya, pada pidato penutupan Rapimnas dengan penuh kerendahan hati, Mardiono justru meminta maaf atas nama pribadi dan sebagai Ketua Umum bahwa hasil Pileg 2024 belum sesuai ekspektasi.

“Mardiono mengajak semua bersatu untuk menang besar di Pilkada dan meraih kejayaan di Pileg 2029," kata Imam.

PPP, lanjutnya, akan terus berjuang baik melalui jalur hukum maupun jalur politik secara konstitusional, atas perbedaan penghitungan suaraversi KPU dan PPP, yang belum mendapat keadilan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca juga : Tok, Bang Anies Masuk Rekom Banteng Jakarta

Sebelumnya, beredar video pidato Plt Ketum Mardiono yang terkesan mempertanyakan apa yang gagal darinya. Dalam po­tongan video yang diunggahcha­nel YouTube Adrian Harahap, Mardiono mengenakan peci hitam dan jas hijau resmi partai. Kemarin, video tersebut sudah tidak ada.

Berikut pernyataan Mardiono dalam potongan video tersebut: Loh saya bukan pelaku kok. Yang pelaku Bapak-Ibu sekalian. Yang berhasil kita semua. Yang gagal kita semua. Saya nggaknyalon DPR RI. Saya nggak nyalon DPRD. Saya nggak nya­lon Bupati. Jadi kalau dibilang Mardiono gagal. Gagal yang mana yang gagal?” ucapnya.

Ketua Majelis Pakar PPP, Prijono Tjiptoherijanto, mem­benarkan pidato tersebut. Dia mengatakan pidato itu adalah pidato saat pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PPP di Tangerang pada 6 Juni 2024. "Pembukaan Rapimnas," ujarnya.

Baca juga : Prof Mahfud Mulai Galak Lagi

Diketahui, PPP mendapat ha­sil yang buruk dengan tak lolos ambang batas parlemen DPR RI. PPP hanya memperoleh suara 3,87 persen, sementara ambang batas parlemen adalah 4 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.