Dark/Light Mode

Tanggapan Ketum Golkar Soal Nasib Kang Emil Di Pilkada 2024, Dapat Dukungan KIM?

Senin, 17 Juni 2024 19:31 WIB
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Foto: Edy Burnama
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Foto: Edy Burnama

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto angkat bicara menengahi simpang siur soal nasib karir politik Ridwan Kamil atau Kang Emil di Pilkada 2024.

Pertama, soal simpang siur maju di Pilkada DKI Jakarta atau di Jawa Barat (Jabar).

"Saya tegaskan Pak Ridwan Kamil adalah Wakil Ketua Umum Partai Golkar," ujar Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (17/6).

Baca juga : Timnas Ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia, Menpora Ikut Dapat Sanjungan

Dengan posisi strategis tersebut, mantan Gubernur Jawa Barat itu diharapkan akan mempertimbangkan masukan dari Golkar mengenai langkah politiknya. 

"Jadi tentu Pak Ridwan Kamil akan mendengar pertimbangan yang ada, dukungan dari parpol, dan tentu akan ada kesepakatan antar ketua umum," sambungnya.

Airlangga enggan memberikan jawaban rinci mengenai apakah Koalisi Indonesia Maju (KIM) sudah sepakat mengusung Emil untuk Pilkada DKI Jakarta atau belum. "Kan kita sepakat jadwal (penentuan keputusan)," sebutnya.

Baca juga : Golkar Pede Juarai Pilkada 2024

Lebih lanjut, Airlangga menyampaikan bahwa Golkar masih perlu melakukan kalkulasi politik sebelum memberikan rekomendasi final untuk Emil. Keputusan tersebut diharapkan akan diambil pada akhir Juli 2024. 

"Sesuai dengan apa yang kesepakatan kita akan terus evaluasi sampai dengan bulan Juli, tentu akan evaluasi siapa yang akan maju dan sebagainya, kita tunggu survei juga," tuturnya.

Dalam pernyataannya, Airlangga juga memberikan indikasi bahwa Golkar tidak keberatan jika Kang Emil maju memperebutkan kursi Jakarta 1. "Saya katakan politik tidak ada korban, jadi aman-aman saja," imbuhnya.

Baca juga : Lewat Pelatihan Kelola Sampah Di Padalarang, AO PNM Bantu Selamatkan Lingkungan

Seperti diketahui, isu tarik-menarik di internal KIM mengenai posisi politik Kang Emil dalam kontestasi Pilkada terus mencuat. DPD Partai Golkar Jawa Barat menginginkan Emil kembali maju di Pilkada Jabar untuk periode kedua. 

Tapi di sisi lain, Partai Gerindra dan PAN terus mendorong Emil untuk bersaing dengan mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengakui bahwa pihaknya menginginkan duet antara Dedi Mulyadi dan Bima Arya pada Pilkada Jabar 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.