Dark/Light Mode

Bangun Branding Dulu, Baru Terjun Ke Politik

Jumat, 29 November 2019 14:26 WIB
Digital Communications Forum menggelar diskusi, dengan tema pentingnya personal branding di dunia politik, di Jakarta, Kamis (28/11).
Digital Communications Forum menggelar diskusi, dengan tema pentingnya personal branding di dunia politik, di Jakarta, Kamis (28/11).

RM.id  Rakyat Merdeka - Digital Communications Forum kembali digelar, dengan tema pentingnya personal branding di dunia politik. Tema ini dipilih agar sejalan dengan agenda politik di tahun 2020, yaitu pemilihan kepala daerah di 270 wilayah.

Forum ini juga menghadirkan, pakar branding, Silih Agung Wasesa serta Produser Metro TV, Wahyu Wiwoho, untuk berdiskusi mengenai pentingnya branding bagi politikus, khususnya di era digital. 

“Dalam dunia politik yang sedang ramai saat ini, tidak mungkin rasanya menerapkan strategi dan taktik politik dari sebuah kampanye tanpa adanya branding yang baik” ujar Silih dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/11). 

Menurutnya, penerapan strategi branding yang benar dapat menentukan bagaimana pemilih memandang politikus tersebut, serta pada akhirnya menentukan apakah mereka akan memberikan suaranya atau tidak. 

Baca juga : Jangan Ganggu Dunia Bisnis

“Dengan lanskap digital yang dinamis, memilih kanal yang tepat sangatlah penting untuk menjangkau audiens yang sesuai,”ujarnya. 

Survei Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI) baru-baru ini menunjukkan bahwa 60,6% generasi Z atau generasi muda yang lahir tahun 1995-2005 mengakses berita politik melalui akun media sosial. 

“Di industri media, hanya ada dua hal besar yang menjadi interest pemirsa, yaitu hiburan dan politik. Keduanya memerlukan personal branding yang kuat untuk dinilai masyarakat. Anggota DPR harus berangkat dari posisi dan status mereka mewakili siapa, komisi berapa, konstituennya siapa. 

Selain itu anggota DPR wajib memanfaatkan kanal media sosial untuk personal branding mereka,” ujar Produser Metro TV Wahyu.

Baca juga : Anies Kena Timpuk

Wahyu juga menambahkan ada tiga tips untuk melaksanakan kampanye politik yang efektif. Pertama, meningkatkan persona pribadi dalam hal branding dan menekankan kekuatan serta keahlian individu. Agar dapat menonjol, strategi branding harus terdengar dan terlihat berbeda.

Kedua, buat rencana yang jelas terhadap isu yang ingin diangkat. Masyarakat ingin mendengar Anda menawarkan beberapa solusi, bukan hanya sampai memahami persoalan.

Ketiga, rencana dan strategi akan menjadi hal yang berkesan apabila Anda memilih saluran komunikasi yang tepat. Pilih saluran yang digunakan oleh mayoritas audiens Anda.

Acara ini merupakan kegiatan lanjutan dari forum digital pertama yang diselenggarakan, pada September lalu,yang diinisiasikan oleh Baca Berita (BaBe), perusahaan teknologi yang mengumpulkan dan mengkurasi berita terpercaya dengan menginformasikan, mendidik, dan menghibur jutaan masyarakat Indonesia melalui cara yang mudah diakses, tepat, dan gratis.

Baca juga : GP Brazil, Verstappen Raih Pole Position

“Melalui forum ini, kami ingin mendukung para tokoh masyarakat, instansi pemerintah, organisasi masyarakat sipil, serta politikus masa kini untuk tidak hanya muncul di saluran digital,tetapi juga bagaimana mereka dapat mengkomunikasikan pesannya secara efektif, ” ujar Content Operations Manager BaBe Indonesia Indira Melik. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.