Dark/Light Mode

Menterinya Dituding Intervensi Munas Golkar

Jokowi: Partai Besar Tak Mungkin Bisa Diintervensi

Senin, 2 Desember 2019 14:43 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: IG@jokowi)
Presiden Jokowi. (Foto: IG@jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo membantah ada menterinya yang mengintervensi Munas Partai Golkar. Jokowi menegaskan, Munas adalah urusan internal Golkar. 

"Dan sebagai partai besar, partai yang memiliki pengalaman yang panjang dalam perpolitikan kita, enggak mungkin lah bisa diintervensi oleh menteri, diintervensi dari eksternal," ujar Jokowi saat berbincang dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/12). Menurut Jokowi, isu semacam itu adalah hal biasa dalam politik. 

Baca juga : Panitia Munas Golkar Rampungkan Persiapan

Tudingan soal intervensi menteri ini dilontarkan kubu Bambang Soesatyo alias Bamsoet. Ada tiga menteri yang disebut. Ketiganya adalah Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, dan Menko Maritim Luhut Pandjaitan. "Kalau Mensesneg bisa intervensi ke Golkar jagoan bener Mensesneg," seloroh Jokowi. 

Begitu pun dengan Seskab. "Ini coba kenal satu DPD (Golkar) pun enggak. Pak Seskab, apa urusannya dengan munas Golkar?" tanya mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Baca juga : Meutya Hafid Harap Munas Golkar Capai Musyawarah Mufakat

Jokowi juga menegaskan tak mengintervensi proses pemilihan ketua umum partai beringin itu. "Munas golkar itu urusan internal partai. Kalau saya, saya mau undang, ya undang terbuka kayak dulu DPD undang, terbuka. Berbicara mengenai kenegaraan," tuturnya. 

Kalau Luhut, Jokowi menilainya wajar. Soalnya, Luhut adalah politikus Golkar. Begitu juga dengan Mensos Agus Gumiwang atau Menpora Zainuddin Amali. "Kan Golkar," imbuh Jokowi. 

Baca juga : Menteri PUPR Dorong Profesor Terus Melakukan Riset Dan Inovasi

Presiden Jokowi pun berharap Munas Golkar berlangsung dengan lancar. Dapat memilih ketua umumnya dengan demokratis. "Ya biarkan lah Golkar secara demokratis menentukan arah ke depan pimpinannya. Dan Kita tahu sebagai partai besar penting, Golkar dalam menjaga stabilitas politik nasional juga ikut berkontribusi besar dalam pembangunan nasional kita," tandasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.